Pilkada Serentak, Sultra Masuk Kategori Bersih

0

SUARAKENDARI.COM, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan berlangsung pada 9 Desember 2015 mendatang pada tujuh kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra), membuat semua komisioner dan panwas mengambil perannya masing-masing.
Dalam pesta demokrasi tersebut semua penyelenggara diharapkan agar bisa bekerja sesuai dengan tupoksinya dan tidak memihak pada calon tertentu. Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) tentu memiliki fungsi untuk melihat dan menerima laporan jika ada penyelenggara yang bermain.
Saut Hamonangan Sirait selaku anggota DKPP RI mengatakan bahwa di Sultra yang juga ikut menjadi peserta dalam Pilkada serentak tersebut masih tergolong aman.
“Sejauh ini Sultra bisa dikatakan bersih, aduan yang masuk kepada kami ada satu aduan yakni dari Panwas Butur terkait DPS, tapi itu masih bersifat sementara masih bisa dilakukan perbaikan didalamnya, jadi aduannya masih bisa ditoleransi bukan aduan yang berat,” katanya saat berkunjung di Kota Kendari, Rabu (21/10/2015).
Menurutnya, Sultra bisa dikatakan bersih dan disejajarkan dengan DIY, Jawa Tengah, Aceh dan beberapa wilayah yang tidak ada pengaduannya sama sekali. Pasalnya, dibeberapa wilayah lainnya aduan yang masuk ke DKPP cukup banyak.
“Sumut dan Papua itu paling banyak aduannya yang masuk, Sulbar juga ada, sepertinya Sultra ini menjadi satu-satunya daerah Sulawesi yang aman,” ujarnya.
Ia juga menambahkan bahwa sejauh ini laporan yang sudah masuk ke DKPP dari seluruh wilayah yang melakukan pilkada serentak yakni sekitar 120 aduan, yang masih akan diproses lagi. “Sudah ada yang akan sidang, ada juga yang masih dalam tahapan, ada yang tidak memenuhi syarat, dismis dan masih dalam tahap verifikasi,” tambahnya. (LINA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.