Jelang Idul Adha, Petugas Periksa Kesehatan Hewan Kurban

0

Kendari, SUARAKENDARI.COM, Dua hari jelang idul adha dinas pertanian dan peternakan kota kendari mulai intens melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di rumah potong hewan rph anggoeya kecamatan poasia kota kendari. Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan petugas terkait maraknya penyakit menular melalui hewan ternak yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia.

Selain melakukan pemeriksaan pihak RPH juga harus menyediakan stok sapi karena setiap hari jumlah permintaan mulai meningkat.

Sebelumnya RPH hanya meyediakan stok 60 ekor sapi namun mendekati hari raya idul adha terpaksa menyediakan hingga 700 ekor sapi karena tingginya permintaan

Kepala bidang peternakan dinas pertanian dan peternakan kota kendari mengatakan hasil pemeriksaan belum menemukan adanya gangguan kesehatan pada hewan kurban.

“alhamdulillah sejauh ini yang kita temukan penyakit tidak ada dan hewan semua sehat siap untuk dipotong”,ujar murdiantoro/kabid peternakan kota kendari.

Pemeriksaan tidak hanya dilakukan sebelum pemotongan tetapi pemeriksaan juga dilakukan pada organ hewan mengetahui kelayakan daging untuk dikonsumsi.RB

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.