Petani di Konawe Selatan, Panen Padi Varietas Inpari 30

0

Suarakendari-Masyarakat tani di Kelurahan Punggaluku, Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan menyambut gembira hasil panen padi mereka yang dinilai cukup memuaskan. Panen yang digelar Rabu (20/12/17) dihadiri Kepala BPTP SULTRA Ir. Muh. Asaad M.Sc, TNI Dinas pertanian, peneliti, penyuluh dan kelompok tani di wilayah tersebut.

Penyuluh Pertanian Punggaluku, Jarot menyatakan bahwa luas sawah yg di panen 207 ha dengan varietas Inpari 30 dan Ciherang. Produktivitas rata-rata yang diperoleh 6 ton per ha.

Pada kesempatan panen Ketua Gapoktan Syamsudin menyatakan bahwa panen pada musim ini cukup berhasil. Lebih lanjut Syamsudin menjelaskan bahwa petani sangat senang dengan varietas Inpari 30 dan secara lokal memberi nama “padi Amerika” yang berarti sangat baik. Ketua gapoktan minta agar BPTP Sultra supaya terus memberikan pendampingan inovasi teknologi kepada petani agar produksi lebih mningkat.

Luas sawah di Kecamatan Laeya seluas 2400 hektare yang dipanen hari ini seluas 207 ha. Selebihnya sudah dipanen dan akan seluruhnya akan dipanen di bulan desember tahun ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.