Pesona Pulau Hari Strategis Jadi Penopang Destinasi Wisata Bokori

0

Dokumentasi Foto Dispar Konsel/Suartin Sianti

Suarakendari.com-Pulau Hari hanya sebuah pulau kecil tak berpenghuni. Terletak di sisi timur kota Kendari Sulawesi Tenggara pulau ini terkenal dengan keindahan panorama alamnya yang masih alami. Terlebih keindahan bawah lautnya, menjadikan tempat ini menjadi spot andalan para penyelam.

Sayangnya pulau yang menjadi milik Pemda Konawe Selatan ini tak kunjung terurus dengan baik, sehingga cenderung diabaikan keberadaannya. Padahal, jika saja disentuh dengan program destinasi, maka bukan tidak mungkin akan menjadi destinasi andalan baru yang akan menopang keberadaan destinasi wisata pulau bokori yang sudah lebih dulu booming pengunjung.

“Sangat disayangkan, pulau cantik seperti itu dibiarkan tidak terurus, ini harusnya menjadi poin penting bagi pemda Konsel, khususnya dinas pariwisata Konsel segera mengarapnya dengan serius,”kata Rafi, penggiat komuitas Ruruhi Project.

Pulau Hari merupakan salah satu solusi bagi Anda yang butuh ketenangan dan tantangan alam bahari nan natural. Untuk menjangkaunya tak sulit. Dari kota Kendari, Anda bisa menempuh perjalanan laut menggunakan perahu atau speed boat selama kurang lebih ,5 jam.

Pemandangan pantai yang berpadu secara alami dengan garis-garis kebiruan air alut merupakan tantangan bagi pecinta fotografi untuk mengabadikan keindahan alam pualu ini.

Sedangkan untuk pengunjung yang hobi dengan diving atau snorkeling, pada kedalaman tujuh hingga delapan meter, beningnya air membuat mata telanjang pun mampu menembus pemandangan taman laut dengan warna-warna yang cantik dan menawan. Terdapat 15 site diving di pulau ini.

Informasi dari para penggiat dive di Kendari mengungkap panorama pulau hari. Di sekitar site diving, sejumlah ikan yang cantik akan menemani Anda berenang. Beberapa clown fish lucu yang mirip dengan Nemo, banyak dijumpai disini. Adapun jenis ikan Angel. Beberapa jenis ikan yang masuk dalam kategori hampir punah ada di sini, di antaranya ikan Sunu, Kerapu, Sotong, Gurita, Lobster, dan bila beruntung, pengunjung bisa melihat atraksi penyu.

Binatang laut yang tak kalah menarik adalah Kelinci Laut atau biasa dikenal Nudibranch dan Electrik Clamp, bentuknya adalah kerang laut yang mengeluarkan cahaya pada malam hari. Hewan ini bisa dijumpai pada kedalaman enam hingga delapan meter.

Saat ini, ada dua club diving lokal yang setiap hari sabtu hingga minggu intens mengeksporasi tantangan di pulau ini. Sedang untuk wisatawan nasional dan internasional , hampir disetiap tahun pasti ada yang berkunjung.

Akses munuju pulu har, dari kota Kendari, hany membutuhkan waktu satu jam dengan menggunakan boat yang banyak terdapat di pelabuhan Beringin, dengan menggunkan boat yang banyak di pelabuhan Beringin, kompleks Pasar Sentral Kota Lama, Kendari. Bila sore hari, sepanjang perjalanan pegunungan akan disuguhi pemandangan bawah laut pada kedalam 10-15 meter. Tapi bila Anda melakukan perjalanan pada siang hari, pemandangan bawah lautnya dapat dinikmati hingga kedalaman 30 meter. SK

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.