Perusda Konsel Gelar RUPS, Bukukan Pendapatan Terbaik di 2018

Suarakendari.com-Perusahaan daerah (Perusda) Konawe Selatan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahun Buku 2018 di Hotel Same, Kota Kendari, Minggu (31/3) pagi. RUPS tahun ini kembali dihadiri Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga, ST MT selaku perwakilan pemegang saham Perusda Konsel mewakili Pemerintah Daerah (Konawe Selatan), jajaran Badan Pengawas, jajaran direksi, SKPD dan pihak auditor serta  para karyawan.

RUPS yang digelar untuk kali ketiga ini dalam rangka mendengarkan laporan pertanggung jawaban direksi atas kondisi keuangan perusahaan dan keuntungan yang diperoleh perusda tahun 2018, serta perolehan besaran pembagian deviden untuk pemegang saham dalam hal ini Pemda Konawe Selatan.

“Ini RUPS ke tiga Perusda Konsel yang merupakan rapat tahunan dalam rangka melaporkan kondisi perusahaan secara keseluruhan, terutama berkaitan dengan perolehan pendapatan perusahaan selama satu tahun,”kata Arief Rachman, Direktur Utama Perusda Konawe Selatan.  

Dalam laporannya dihadapan pemegang saham dan badan pengawas,  Arief Rachman SE menjelaskan, pada tahun 2018 Perusda Konsel berhasil membukukan catatan pendapat terbaiknya dengan mengalami kenaikan pendapatan sebesar 85 persen atau sebesar Rp 8,058,689,381, dibanding sesi tahun 2017 dimana kenaikan pendapatan mencapai Rp 4,355,244,423 ,-.

Tren kenaikan di 2018 ini diikuti adanya  kenaikan laba yang cukup signifikan sebesar 179 persen dibanding tahun lalu, yakni mencapai Rp. 3.761.320.787,70  sedangan tahun 2017 kenaikan laba berada pada posisi Rp.1,346,952,000.

Dengan demikian porsi pembagian laba berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 2 tahun 2011 pasal 72 ayat 1 dan 2 adalah laba rugi tahun berjalan 2018 Perusda Konsel mencapai Rp.3.761.320.787,70 meliputi deviden ke Pemda Konawe Selatan sebesar 55 persen atau Rp.2.068.726.433,30 dan cadangan umum sebesar 45 persen atau sebesar Rp.1.692.594.354,50.

Menariknya, tren kenaikan pendapan dan laba ini diikuti pada kenaikan asset perusahaan. Adapun total kenaikan aset Perusda Konsel tahun 2018 mencapai 41 persen.

Perolehan pendapatan terbesar Perusda Konsel tersebut, kata Arief berada usaha jasa pelabuhan tambang di dua lokasi yakni di Tinanggea dan Palangga Selatan. “Kami sangat berharap tren kenaikan pendapatan ini bisa terus berlanjut di tahun-tahun mendatang,”ujarnya optimis.

Sementara itu,  Bupati Konawe Selatan saat memberikan sambutan, menekankan pentingnya profesionalisme kerja sebagai upaya peningkatan dan perbaikan kualitas  manajemen perusahaan sehingga dapat meningkatkan pendapatan perusahaan.

” Jaman sekarang ini maju mundurnya satu perusahaan itu adalah perusahaan yang mampu mengikuti perkembangan teknologi dan mampu melihat peluang  bisnis terutama yang berkaitan dengan produksi usaha, sehingga kita tidak bisa lagi secara konvensional. Kita harus menggunakan cara-cara yang lebih terarah dan terjaga sesuai perkembangan jaman,”jelas Surunuddin.

Apalagi, lanjut Surunuddin, perusda memiliki misi yakni mendorong  tugas-tugas yang tidak bisa dilaksanakan  oleh pemerintah daerah yang tujuannya  memberikan kesejahteraan rakyat, sehingga perusahaan ini harus tetap sehat dan membuka lapangan kerja untuk masyarakat konsel.

Menurutnya, ke depan akan ada banyak peluang-peluang usaha yang bisa digarap perusda khususnya di bidang pertanian dan perkebunan. “Usaha perkebunan kelapa dan pertanian khususnya padi adalah peluag yang harus bisa digarap ke depan oleh Perusda. Untuk itu, sekali lagi mari kita sama-sama rawat dan besarkan ini perusahaan,”ajaknya.

Seperti diketahui sejumlah usaha kini tengah dijalankan Perusda Konsel yakni, usaha jasa pelabuhan tambang di Kecamatan Tinanggea/palangga selatan, usaha hatchary/hasil perikanan di Kecamatan Kolono Timur serta usaha pariwisata dan hotel yang kini tengah di bangun  di Kecamatan Andoolo dan Kolono Timur.   SK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.