Perlu Diperbanyak Spot Wisata di Sultra

0

Suarakendari.com-Animo masyarakat Sultra yang cukup besar pada pariwisata nampaknya menjadi prioritas besar bagi daerah untuk terus menciptakan spot-spot wisata massal. Spot wisata yang dapat dikembangkan itu tersebar hampir merata d seluruh daerah, khususnya yang berada dekat dengan akses ibu kota. Daerah yang potensial diantaranya, Kabupaten Konawe Selatan, Konawe, Konawe Utara dan Kolaka Timur termasuk Bombana.

“kecenderungan wisatawan lokal yang massal selalu mencari lokasi wisata baru, yang ada kaitannya dengan wisata alam seperti pantai dan sungai, sehingga peluang ini harus mampu ditangkap para penggiat wisata di daerah,”kata Isna, penggiat Komunitas Ruruhi Project.

Potensi wisata yang sebagian besar ada di pedesaan perlu terus didorong demi menciptakan peluang-peluang bisnis baru di desa yang pada gilirannya akan mendorong percepatan perbaikan ekonomi desa. “Desa sesungguhnya sangat kaya akan potensi dan ini harus terus digelorakan semakan membangun pariwisata desa,”ungkapnya.

Lanjut Isna, makin besarnya animo masyarakat berwisata merupakan peluang besar bagi desa untuk memperoleh tambahan pendapatan baru yang digerakkan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMdesa). “Saya kira inilah saatnya orang-orang di desa bergerak memperkuat ekonomi dengan menangkap peluang-peluang yang ada saat ini, salah satunya melalui sektor pariwisata,”ujarnya. SK

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.