Penyuluh dan Petani Belajar Sistem Informasi KATAM TERPADU di KP Wawotobi BPTP Balitbangtan Sultra

0

Suarakendari-Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tenggara melaksanakan pelatihan Kalender Tanam Terpadu dan Pola Tanam, yang dilaksanakan di Kabupaten Konawe bertempat di Aula Kebun Percobaan Wawotobi BPTP Balitbangtan Sulawesi Tenggara.

Peserta pelatihan adalah para penyuluh pertanian dan beberapa Kelompok Tani di Kabupaten Konawe.

Acara dibuka oleh Kepala BPTP Balitbangtan Sulawesi Tenggara Ir. Muh. Asaad, M.Sc dan dihadiri juga oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikulturan dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Konawe Ir. Sahruddin, M.Si dan Kepala BMKG Ranomeeto Provinsi Sulawesi Tenggara Aris Yunatas, SP.

Narasumber pada kegiatan pelatihan Katam Terpadu dan Pola Tanam terdiri dari (1) Dr. Ir Muhammad Alwi Mustaha, M.Si (Penanggung Jawab Katam Terpad Sulawesi Tenggara); yang memaparkan tentang sistem kalender tanam terpadu, (2) Rahmat Nur, SP (Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas TPHP Kabupaten Konawe); menjelaskan tentang dukungan Dinas TPHP terhadap program strategis Kementerian Pertanian di Kabupaten Konawe, (3) Ir. Yasir Arafat, M.Si (KJF Penyuluh, Kabupaten Konawe): Dukungan Penyuluh terhadap program strategis Kementerian Pertanian; (4) Risnayah, S.ST (Staf Stasiun Klimarologi Ranomeeto Sulawesi Tenggara); menjelaskan tentang Informasi Iklim Sulawesi Tenggara Update November 2017; dan (5) Abdul Rasyid, SP (Kepala Laboratorium Hama/Penyakit, BPTPH Provinsi Sulawesi Tenggara), beliau memberikan penjelasan tentang informasi OPT di Kabupaten Konawe.

Pada kesempatan ini, peserta pelatihan juga diberikan pembekalan tentang bagaimana memprediksi awal tanam dengan mempertimbangkan prediksi awal musim dari BMKG, tipologi lahan dan pola curah hujan.

Selain itu dijelaskan juga tentang bagaimana memilih atau menentukan komoditas yang sesuai berdasarkan prediksi curah hujan dan cara mendapatkan informasi Katam Terpadu. (SJ/14/10/2017).(ika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.