Penutupan TMMD 104, TNI Bakal Gelar Pesta Rakyat

Suarakendari.com-Waktu berjalan demikian cepat, tak terasa sebulan sudah para prajurit bekerja menuntaskan pekerjaan-pekerjaan fisik maupun non fisik, dan tinggal di rumah-rumah warga sebagai anak asuh. Acara penutupan TMMD yang bakal digelar besok (Rabu, 27/03/2019 ) sudah di depan mata.

Kali ini, penutupan TMMD akan dimeriahkan oleh tarian kolosal “Mondau”, yang bakal melibatkan 150 siswa-siswi sekolah menengah yang ada di Kecamatan Anggotoa, atraksi Sasingaan, Kuda Lumping, dan juga lomba tumpeng yang diikuti 14 desa.

Format Pesta Rakyat yang dipilih bukan tanpa alasan. Dansatgas TMMD 104 Konawe,Letkol Cpn Fajar LH Wijaya, menjelaskan makna dan alasan gelar penutupan tersebut.

“Upacara penutupan TMMD ini merupakan pesta rakyat, artinya, kita angkat budaya-budaya lokal, kearifan lokal yang dimiliki masyarakat Kabupaten Konawe terutama Kecamatan Anggotoa. Misalnya nanti akan ada pagelaran kuda lumping. Jadi akan disuguhkan kuda lumping kepada para tamu undangan, sambil menunggu persiapan upacara,” ujarnya, Senin (25/3/2019).

Saat upacara akan dimulai, para tamu undangan akan disambut dengan Tari Mondotambe. Setelah disambut dengan tarian khas suku Tolaki tersebut, tamu undangan akan disuguhkan dengan tari Sisingaan.

“TNI sangat paham dan menyadari, bahwa sinergi dengan tradisi dan kearifan lokal adalah kunci sukses pelaksanaan kegiatan TMMD ini, ” katanya.

Pangdam Hasannuddin dan Gubernur Sultra, direncanakan berkenan hadir dalam acara penutupan TMMD 104 Konawe. UT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.