Pemkab Konsel Bidik Potensi Rawa Aopa

0

Suarakendari- Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan tertarik untuk mengembangkan kawasan rawa aopa sebagai salah satu destinasi wisata berbasis lingkungan mengingat potensi yang dimiliki rawa terbesar di Sulawesi Tenggara tersebut. Pengembangan kawasan wisata rawa aopa sendiri nantinya akan bekerja sama dengan multistakholder seperti Balai Taman Nasional Rawa Aopa (BTNRAW) dan tentu saja masyarakat sekitar kawasan.

Untuk pencanangan kawasan wisata, pemkab Konsel berencana menjadikan rawa aopa sebagai pariwisata berbasis air dengan membenahi dan membangun sarana pariwisata di sejumlah tempat, seperti pulau harapan satu dan pulau harapan dua sebagai area spot wisata. Di dua pulau ini pengunjung dapat menikmati pemandangan kawasan rawa dengan melihat ribuan burung air. Warga juga dapat menyaksikan aktifitas hewan air lainnya dan aktifitas nelayan lokal yang mencari ikan di kawasan ini dengan menggunakan sarana transportasi perahu.

Bupati Konawe Selatan, Drs.H. Surunudin Dangga menjelaskan, selain wisata setidaknya ada sejumlah potensi lain yang dapat dikembangkan di rawa aopa, yakni, potensi perikanan berupa budi daya ikan air tawar, potensi tanaman sagu untuk lumbung ketahanan pangan lokal, serta potensi ekologi sumber daya hayati kawasan mengingat kawasan aopa sebagai kawasan situs ramsar dunia.

Khusus untuk penyelamatan dan pengembangan sumbar pangan lokal, sagu pemda penyediakan puluhan hektar lahan budi daya sagu. Pencanangan yang ditandai dengan penanaman tanaman sagu perdana sudah dilakukan muspida Konsel bersama BTNRAW, pada Rabu, 15 November 2017.

Untuk pengembangannya, akan ada sinergi antara dinas terkait seperti pariwisata. dinas perikanan, dinas pertanian dan dinas kehutanan bersama Balai TNRAW dan masyarakat komunitas. SK

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.