Pemerintah Wakatobi Gelar Festival Budaya Menjelang Pilkada, Wajarkah?

0

 

SUARAKENDARI.COM-:Pemerintah Kabupaten Wakatobi memastikan akan menggelar Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wakatobi Wave) yang akan berlangsung 22-28 November 2015 di Wangiwangi dirangkai dengan perayaan HUT ke-12 Kabupaten Wakatobi.

“Wakatobi Wave yang akan dibuka oleh Menteri Pariwisata akan dimeriahkan dengan parade budaya yang melibatkan peserta kurang lebih 10.000 orang,” kata Hugua, Bupati wakatobi.

Para peserta parade budaya tersebut selain masyarakat dari empat pulau besar di Wakatobi, yakni Wangiwangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko, juga diikuti para wisatawan mancanegara terutama dari Australia dan negara-negara di Eropa.

Selain parade budaya, kata Hugua, pada acara pembukaan juga akan dimeriahkan dengan tarian kolosal yang dimainkan 1.000 penari putra-putri Wakatobi. Tarian kolosal yang akan dimainkan 1.000 penari tersebut bertajuk `Pesona Wakatobi sebagai Pusat Biosfer Bumi.

Parade budaya ini merupakan terakbar sepanjang sejarah penyelenggaraan kegiatan budaya di Wakatobi itu, akan diawali dengan prosesi Kariaa (tradisi masyarakat Wakatobi meng-Islamkan anak perempuan) dan akan menampilkan kegiatan budaya Tamburu Liya, Tari Lengko, barisan tokoh adat, dan karnaval kostum khas masyarakat wilayah pesisir.

“Berbagai kegiatan budaya dalam memeriahkan Wakatobi Wave 2015 yang dirangkaikan dengan HUT ke-12 Kabupaten Wakatobi kita namakan Festival Budaya Masyarakat Bahari Wakatobi,” katanya.

Namun semangat pemerintah menggelar festival akbar, justeru akan menimbulkan tanda tanya publik karena menggelar festival akbar berdekatan dengan pesta demokrasi Pilkda langsung yang akan digelat 9 Desember mendatang.

Selain limit waktu penyelenggaraan festival dan jadwal pilkada tidak terlampau jauh, juga dikhawatirkan hajatan festival yang digelar pemerintah dapat menimbulkan kesan adanya upaya kampanye terselubung bagi calon tertentu, terutama calon yang didukung oleh pemerintah atau incumbent. SK/AN

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.