Pelaku Usaha Perhotelan Dorong Pelestarian Budaya Lokal Sulawesi Tenggara

0

Suarakendari.com-Upaya menghidupkan kazanah budaya di tingkat lokal kini kembali menjadi point penting dalam mendorong pariwisata di daerah. Dengan menggandeng unsur komunitas dan para penggiat pariwisata dan budaya, pelaku usaha perhotelan membuat strategi bersama, dalam rangka mendorong pelestarian budaya lokal. Strategi itu antara lain mendukung pelaksanaan kalender ivent pariwisata budaya serta memperkenalkan budaya lokal langsung ke loby-loby hotel. Gerakan menggunakan tenun lokal bagi karyawan hotel serta memberi ruang bagi para seniman maupun pengrajin lokal di untuk berkreatifitas di hotel. “Pelestarian budaya merupakan bagian dari tanggung jawab kita semua, termasik Kami yang di usaha perhotelan,”kata Yusuf Maulana, GM Plasa In Hotel.

Terobosan ini tentu sesuatu yang menarik, sebab para pengunjung hotel tidak sekedar menjadikan hotel sebagai tempat bersantai atau beristrahat semata, tetapi mendapatkan nilai plus yakni dapat menyaksikan secara langsung atraksi budaya di hotel.

“Kita ingin ada atmosfir budaya di setiap hotel di Sulawesi Tenggara. Nantinya, akan ada atraksi budaya yang kita tampilkan di hotel, misalnya musik gambus khas daerah Sulawesi Tenggara atau juga pengrajin tenun yang dapat membuat langsung tenunan lokal di hotel,”kata Yusuf Maulana. Terobosan lainnya, yakni, menyediakan layanan map pariwisata untuk para touris yang berkunjung ke Sulawesi Tenggara.

Pelestarian budaya lokal mendapat apresiasi dari pengurus DPW PHRI Sulawesi Tenggara. “Ini terobosan luar biasa dan diharapkan akan memberikan kontribusi positif bagi upaya pelestarian dan pengembangan budaya lokal di bumi anoa.,”kata Eko, sekretaris DPW PHRI Sulawesi Tenggara. SK

Leave A Reply

Your email address will not be published.