Pemandangan Menakjubkan Gunung Warna Warni

SUARAKENDARI.COM-Menakjubkan, gunung yang terletak di China ini tampak berwarna-warnai layaknya hamparan pelangi. Gunung seluas 300 kilometer persegi ini merupakan bagian dari Zhangye Danxia Landform Geological Park yang terletak di provinsi Gansu, China.

Bukit dan lembahnya terdiri dari lapisan warna merah, biru, hijau zamrud, coklat, dan kuning. Tak heran itu banyak orang menyebutnya ‘rainbow mountain’.

Kondisi gunung napak tandus karena tidak ditemui tumbuhan atau hewan apapun di tempat itu.

Oleh para ahli, fenomena alam yang menakjubkan ini merupakan contoh geomorfologi petrografi yang terbentuk karena kondisi lingkungan.

Seperti dilaporkan Telegraph, warna-warni perbukitan yang menakjubkan tersebut berasal dari batuan pasir merah dan mineral yang terbentuk sejak Periode Kapur, tepatnya 24 juta tahun lalu.

Gunung ini akan menampilkan pola warna yang berbeda-beda, tergantung pada kondisi cuaca dan pencahayaan matahari. Warna-warni gunung ini akan semakin kontras jika turun hujan pada hari sebelumnya. Tel/SK

Sejarah Kemerdekaan Negara Palestina

Suarakendari.com-Negara Palestina menuju gerbang kemerdekaan. Ditandai dengan berkibarnya bendera negara Palestina di markas PBB, yang artinya kedaulatan palestina kini semakin diakui negara-negara di dunia. Disaksikan para diplomat dan jurnalis dunia , bendera Palestina perlahan naik dan berkibar di kantor pusat PBB pada Rabu, 30 September pukul 13.00 waktu setempat.

Berkibarnya bendera Palestina disambut gembira Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Dihadapan banyak orang, Mahmoud Abbas mengatakan, pengibaran bendera adalah sejarah. “Seremoi bersejarah ini dipersembahkan untuk “para martir, para tahanan dan korban luka, dan mereka yang memberikan nyawa mereka ketika mencoba mengibarkan bendera ini,”katanya.

Baginya, pengibaran bendera ini sebagai sebuah pertanda dimana, hari berkibarnya bendera di atas negara Palestina akan segera tiba. Di atas Yerusalem, ibukota negara Palestina.

Dalam upacara simbolis pengibaran bendera yang dipimpin Sekjen PBB Ban Ki-moon tersebut, Abbas menyerukan agar PBB juga memberikan status keanggotaan penuh bagi Palestina, di tengah kebuntuan proses perdamaian dengan Israel.

Dalam pemungutan suara di Majelis Umum PBB pada pertengahan September lalu, diputuskan bahwa bendera Palestina bisa dikibarkan di kantor pusat PBB, meski statusnya masih sebagai pengamat, bukan negara anggota PBB.

Palsetina adalah sebuah wilayah di Timur Tengah antara Laut Tengah dan Sungai Yordan. Dalam sejarahnya, terletak di lokasi yang strategis, di antara Mesir, Suriah dan Jazirah Arab, dan tempat lahirnya Agama Yahudi dan Kekristenan, wilayah ini mempunyai sejarah yang panjang dan riuh sebagai persimpangan untuk agama, budaya, peradagangan dan politik.

Wilayah ini telah dikuasai oleh berbagai bangsa, yakni; Orang Romawi, Orang Romawi Timur, Orang Mesir Kuno, Orang Kanaan, Bani Israil, Orang Assyiria, Orang Babilonia, Orang Farsi, Orang Yunani Kuno, Kekhalifahan Arab Sunni, Kekhalifahan Fatimiyah Syi’ah, Orang Salibi, Ayyubiyyah, Mamluk, Turki Utsmani, Orang Britania, Orang Israel modern dan Bangsa Palestina.

Nama Palestina digunakan oleh penulis-penulis Yunani Kuno, dan kemudian digunakan untuk provinsi Romawi Syria Palaestina, provinsi Romawi Timur Palaestina Prima dan provinsi Umayyah dan Abbasiyah Jund Filastin. Wilayah ini juga dikenal sebagai Tanah Israel sebagai Tanah Suci, Levant Selatan, Cisjordan, dan secara historis dikenal dengan nama-nama lainnya seperti Kanaan, Suriah Selatan dan Kerajaan Yerusalem.

Sayangnya, batas-batas dari wilayah ini selalu berubah sepanjang sejarah, dan terakhir kali ditetapkan pada zaman modern oleh Persetujuan batas Perancis-Britania (1920) dan Nota Transyordania (tanggal 16 September 1922), selama periode Mandat Palestina. Sekarang, wilayah ini terdiri dari Negara Israel dan Negara Palestina. Dan dalam perjuangan cukup panjang untuk memerdekaan diri, bendera palestina akhirnya berhasil berkibar di PBB menandakan kedaulatan palestina di akui negara-negara di dunia. SK/Wiki

Waspada Email, Status Facebook dan Tweeter Kini Jadi Sasaran Penyadapan

Suarakendari.com-Kian majunya toknologi informatika membawa dampak positif dan negatif dalam masyarakat global dewasa ini. Positifnya karena komunikasi antarmasyarakat dunia kian dekat. Dan dampak negatifnya, tentulah digunakan untuk melakukan penyadapan antar negara. Inilah yang dialami sejumlah kepala negara yang sempat disadap para intelijen.     Mantan intel Amerika Serikat, Edward Snowden, membocorkan penyadapan itu melalui media-media di Brasil, Inggris, dan Australia. Ia diburu pemerintah Amerika Serikat setelah membawa setumpuk dokumen mata-mata dari National Security Agency (NSA).

Selain penyadapan dengan telepon, informasi penting bisa didapat dari mana saja, bahkan dari status dan e-mail seseorang. Dikutip dari Yahoo News, teknologi yang hadir sekarang ini malah bisa menjadi bumerang bagi para penggunanya sehingga informasi penting bisa dilacak dengan mudah. Berikut empat rinciannya:

  1. NSA Bangun Data Center untuk Baca Email

Mulai sekarang, hati-hati menyimpan data penting atau pribadi di e-mail, terutama di draft, karena mungkin saja NSA akan mengetahuinya. Dengan membangun data center di Utah, NSA bisa membaca berjuta-juta data sejak pembuatannya selesai September 2013 lalu.

Sebenarnya, jumlah internet traffic penggunaan e-mail masih sangat kecil untuk bisa dilacak. Namun, dengan hitungan aligoritma yang dibuat NSA, semua itu bisa jadi mungkin. Jadi, coba cek kembali dan amankan data yang terdapat pada e-mail Anda.

  1. FBI Punya Data Orang-orang Penting

Bekerja dengan perusahaan besar memang cukup menjanjikan, tapi ternyata informasi pada surat lamaran rentan kebocoran informasi. Jika nilai profil pelamar termasuk tinggi, dinas intelijen Amerika FBI akan segera melacak keberadaan orang itu.

Data pribadi Steve Job adalah salah satu yang dikuasai oleh FBI saat sedang mempertimbangkan bekerja untuk presiden Amerika ke-41, George HW, pada 1991. Selain Steve Job, musikus seperti John Lennon, Marilyn Monroe, Jimi Hendrix juga termasuk yang diawasi oleh FBI. Selain data personal, FBI juga mengklaim, mereka memiliki sejumlah data penting lainnya, seperti jaringan perdagangan ganja.

  1. Status Facebook dan Twitter

Selain teman atau follower, ternyata status Facebook dan Twitter bisa diawasi oleh lembaga keamanan di Amerika, Homeland Security. Tujuannya, agar pemerintah tahu jika tweet atau status seseorang mengandung informasi yang bisa mengancam keamanan atau terorisme. Orang-orang yang terkait dalam permasalahan tersebut akan langsung diawasi oleh mata-mata.

  1. Internet Service Provider (ISP)

ISP seringkali meminta pengunjung situs untuk menyimpan file atau mengisi sejumlah data. Terlihat tidak mencurigakan, tapi ternyata informasi penting seseorang bisa dilacak oleh organisasi mata-mata. Bahkan, dengan ISP, informasi tentang waktu dan jenis situs yang dikunjungi juga bisa dilacak. ISP biasanya menyimpan sejumlah data penting, misalnya logo perusahaaan, informasi bank, dan alamat IP. Informasi tersebut bisa diakses untuk menyelesaikan kasus pidana dan perdata bagi penegak hukum walaupun tanpa seizin pemiliknya. SK/Yahoo

Tiga Jamaah Haji Indonesia Tewas di Tragedi Mina

Suarakendari.com- Pemerintah Indonesia mengumumkan ada tiga orang jamaah haji asal Indonesia yang tewas dalam tragedi mina. Sebagaimana diumumkan Menteri Agama Lukman Hakim pada media usai mengunjungi sejumlah rumah sakit di Arab Saudi. “Kami baru menelusuri sejumlah rumah sakit dan terakhir Rumah Sakit Al Jisr Mina untuk mengetahui kondisi dan situasi korban. Sampai pukul 16:00 waktu Arab Saudi, dapat diidentifikasi tiga jamaah haji meninggal akibat musibah Mina,” kata Lukman Hakim Syaifuddin saat memberikan keterangan pers pada sejumlah wartawan televisi, Kamis (24/9/2015).

Menteri Lukman bahkan menyebut identitas para korban yang wafat masing-masing Hamid Atuwi asal Surabaya dan Saiyah jamaah perempuan asal Batam. Sementara satu jamaah haji lain yang meninggal belum diketahui namanya karena petugas tak menemukan gelang identitas.Namun berdasarkan keaksian salah satu jamaah yang diwawancarai wartawan TVOne, korban bernama Nero, warga Purbalingga. “Dia bersama saya, namun saat peristiwa terjadi kami akhirnya terpisah dan saya dapat kabar beliau telah meningga dunia,”kata saksi mata.

Sementara itu, informasi yang dirilis Pemerintah Arab ‎menyebutkan hingga kini jumlah jamaah haji yang meninggal bertambah menjadi 717 orang dan sebanyak 815 mengalami luka-luka.(SK)

Korban Tewas Tragedi Mina 717 Orang

Suarakendari.com-Jumlah korban tewas pada tragedi mina saat prosesi lempar jumrah terus meningkat. Berdasarkan keterangan Direktorat Pertahanan Arab Saudi melalui akun Twitter resmi mereka jumlah korban mencapai 717 orang dan korban luka terus bertambah menjadi 805 orang.

Peristiwa berdarah ini bermula saat sebagian jamaah haji dilanda rasa panik . Berdasarkan keterangan otoritas setempat, kepanikan tersebut muncul saat salah seorang jamaah terjatuh dari jembatan yang menghubungkan tenda jamaah dengan lokasi lempar jumrah. Kepanikan semakin membesar setelah sebagian orang kembali terjatuh dan terinjak-injak sehingga menyebabkan banyak korban tewas.

“Kami berusaha untuk mencegah kejadian tersebut berulang, namun nyatanya ini semua kehendak Tuhan,” ujar Menteri Haji Arab Saudi Iyad Madani said dilansir dari Daily Pakistan.

Adapun lokasi tragedi tersebut merupakan area dua jalur menuju Mina tempat pilar batu tempat melempar jumrah terletak.Mina, terutama terowongan Mina adalah tempat yang patut diwaspadai selama musim haji. Tidak sekali ini saja kecelakaan, musibah, tragedi terjadi di sini.

Tragedi terbesar Terowongan Mina terjadi pada 2 Juli 1990. Dilaporkan 1.426 jemaah haji meninggal selama karena berdesak-desakan dan terinjak dalam terowongan Al Maaisim. Terowongan itu menghubungkan Mekkah ke Mina dan Arafat. Peristiwa ini dikenal dengan tragedi terowongan Mina.Sementara itu, jumlah korban luka dalam insiden itu juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sebelumnya, dilaporkan bahwa jumlah korban luka sebanyak 719 orang, kali ini jumlah korban luka meningkat menjadi 863 orang.
 
Salah satu rival Saudi, Iran dengan tegas menyebut insiden ini disebabkan oleh kelalaian pemerintah Saudi. Kepala Organisasi Haji Iran, Said Ohadi mengatakan, tanpa alasan yang jelas pemerintah Saudi menutup dua dari lima gerbang menuju lokasi lempar jumrah, yang dinilai sebagai penyebab tragedi ini.
 
”Insiden hari ini menunjukkan salah urus dan kurangnya perhatian serius terhadap keselamatan jamaah. Tidak ada penjelasan lain. Para pejabat Saudi harus bertanggung jawab,” ujarnya. SK/CNN/SINDO

Satu Lagi Jamaah Calon Haji Asal Sultra Meninggal Dunia

Suarakendari.com, Jeddah – Akibat menderita penyakit pernafasan, satu orang calon jemaah haji asal Sulawesi Tenggara dilaporkan meninggal dunia saat berada di Mekkah dalam melaksanakan tahapan ibadah haji.

calon haji yang meninggal tersebut berasal dari kota bau-bau dan tergabung dalam kelompok terbang 20 Makassar.

Kepala seksi haji kantor wilayah kementerian Agama Sulawesi Tenggara Muhammad Kadir Aziz mengatakan, calon jemaah haji Sulawesi Tenggara yang di laporkan wafat di tanah suci mekkah bernama La Zamudu Asmara Doli La Asimara bin La Doli asal kota bau – bau.

Almarhum dilaporkan meninggal dunia pada tanggal 16 september pukul 21 lewat 45 menit waktu Arab Saudi.

almarhum wafat dalam perjalanan menuju rumah sakit, saat hendak dibawa oleh tim medis pemondokan haji.

Dari hasil diagnosa dokter atau tim medis calon haji di Mekkah almarhum wafat akibat gangguan pernafasan.

Berdasarkan peraturan kerajaan arab saudi, calon jemaah haji yang wafat di tanah suci yang tengah melaksanakan ibadah haji harus di makamkan di tanah suci Mekkah.

Sebelumnya satu jemaah calon haji asal sulawesi tenggara dari kabupaten wakatobi juga di laporkan meninggal dunia saat hendak diberangkatkan dari embarkasi haji makassar menuju jeddah arab saudi.YJ

Halau Imigran, Polisi Hungaria Gunakan Gas Air Mata dan Meriam Air

Suarakendari.com – Polisi Anti Huru Hara Hungaria menggunakan gas air mata dan meriam air diperbatasan negara itu dengan serbia, setelah kelompok imigran berusaha melalui penghalang untuk memasuki uni eropa, Rabu (16/09/15).

Emosi Memuncak rabu sore setelah Hungaria menutup segel lubang rute migrasi ke Eropa barat, diperbatasan kedua negara tersebut pada hari sebelumnya.

Langkah tersebut membuat ribuan migran yang melarikan diri dari kekerasan di timur tengah putus asa, karna pintu masuk ke hungaria di blokir dengan pagar kawat. Hungaria adalah anggota Uni Eropa, sementara Serbia dalam Negosiasi untuk bergabung dengan Uni Eropa.

Ben Wedeman, Horgos serbia kepada CNN mengatakan konflik sudah dimulai ketika para imigran berkumpul di pagar perbatasan dan menyanyikan untuk Hungaria ” Buka Pintunya”.

Tapi ketegangan meningkat, dengan beberapa migran, Akhirnya Pihak berwenang Hungaria, menyatakan dua jam untuk membuka pintu gerbang Sebelum Mereka akan Mencoba untuk menerobos. (CNN)

Enam Peserta Konfrensi Asia-Pasifik Dapat Gelar Bangsawan

SUARAKENDARI.COM, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi tuan rumah dalam Konfrensi Asia-Pasifik yang akan berlangsung selama tiga hari (5-7) September 2015. Dalam pertemuan yang melibatkan ratusan bupati, walikota dan gubernur di Asia-Pasifik ini akan membahas tentang pembangunan dan tata perkotaan diwilayah masing-masing sehingga melahirkan rekomendasi yang akan dibawa pada Konfrensi Internasional Habitat III di Quito, Ekuador, Amerika Latin, 2016 mendatang.

Dalam pertemuan tersebut, sebanyak enam peserta Konfrensi Asia-Pasifik mendapatkan gelar kebangsawanan dari Kesultanan Buton dengan gelar La Ode. Antara lain, Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak, Gubernur Jeju, Won Hee-Ryong, Wakil Gubernur Jakarta, Djarot Syaiful, Wakil Walikota Rusia, Ilsur Metshin, dari India, Dr. Jatin V Mode dan Abasador UCLG Australia, Peter Woods.

Drs. Mustafa, M.Pd selaku juru tulis Kesultanan Buton mengatakan bahwa gelar kebangsawanan tersebut diberikan kepada mereka karena dinilai memiliki karakter dan perilaku yang terpuji sehingga menjadi teladan dimata masyarakat.

“Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan sebelumnya, keenam orang tersebut berhak untuk mendapatkan gelar La Ode karena dinilai selalu memberikan contoh dan perilaku yang patut dijadikan sebagai contoh,” katanya usai pemberian gelar yang dilakukan di Lapangan Merdeka Wakatobi, Sabtu (5/9/2015).

Dalam pemberian gelar tersebut, keenam peserta yang telah dipercayakan mendapatkan gelar tersebut diberikan Kampurui (Topi), baju jubah, sarung adat butin, tali pinggang dan keris.

Sebelum pemberian gelar kebangsawanan tersebut diberikan, rangkaian acara dibuka dengan menampilkan pawai budaya dari masing-masing masyarakat yang ada di Wakatobi yang terdiri dari Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Tidak hanya itu, ratusan pelajar di Wakatobi juga menampilkan Tari Lariangi. (LINA)

Gubernur Jeju Bakal Promosikan Wakatobi di Korea Selatan

SUARAKENDARI.COM, Gubernur Jeju Korea Selatan, Mr. Won, Hee-Ryong, yang menjadi salah satu pembicara dalam Konfrensi Asia-Pasifik yang diselenggarakan di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) sejak tanggal 5 hingga 7 September 2015 mendatang membawa kesan tersendiri bagi orang nomor satu di Jeju ini.

Menurutnya, Pulau Wakatobi merupakan salah satu pulau yang sangat luar puasa. Bukan hanya keindahan alam saja tetapi keindahan laut yang dilengkapi dengan ribuan karang yang sangat indah membuat gubernur yang satu ini takjub.

“Wakatobi sangat indah, saya akan beritahukan kepada teman saya untuk ke Wakatobi, menikmati indahnya lautnya serta karangnya yang sangat luar biasa. Disini juga musimnya enak, jadi setibanya saya disana (jeju,red) saya akan mengajak teman-teman saya untuk datang ke wakatobi,” katanya.

Keramahan orang-orang Wakatobi juga diakuinya. Dengan menuturkan bahwa orang Wakatobi sangat ramah, serta makananya juga masih sangat alami.

“Makanan disini enak dan menyehatkan, bagus untuk kesehatan karena banyak terbuat dari alam,” ujarnya.

Keindahan dan keramahan orang Wakatobi membuatnya ingin berlama-lama tinggal di Wakatobi.

Hanya saja, ia berharap agar ada peningkatan untuk penerbangan ke Wakatobi. “Penerbangan ke Wakatobi tidak ada yang langsung, masih harus transit lagi, jadi saya berharap agar pemerintah bisa mengupayakan untuk peningkatan penerbangan,” harapnya. (LINA)

Gubernur Jeju Puji Wakatobi di Konfrensi Asia-Pasifik

SUARAKENDARI.COM, Konferensi Asia-Pasifik yang berlangsung di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dibuka Sabtu Pagi, 5 September 2015, dihadiri oleh sejumlah bupati, walikota dan gubernur yang ada di Asia-Pasifik.

Dalam pertemuan konfrensi kali ini akan membahasa terkait isu pembangunan perkotaan dan tata kelola pmbangunan berkelanjutan di daerah masing-masing dengan mengangkat sebuah tema “Local Governments Voices toward Habitat III on a New Urban Agenda”.

Dari pertemuan terebut bupati, Walikota dan gubernur yang tergabung dalam United Cities and Local Governments (UCLG) akan membawa hasil pertemuan yang telah dibahas dan disepakati dalam konfrensi internasional Habitat III dengan tema “Housing and Sustainable Urban Development” yang akan diselenggarakan di Quito, Ekuador, Amerika Latin, Oktober 2016 mendatang.

Gubernur Jeju, Mr. Won, Hee-Ryong, yang juga merupakan Presiden UCLG. sempat memuji kabupaten Wakatobi sebagai salah satu daerah yang indah.

“Hari ini kita akan menyelenggarakan sebuah pertemuan di Kabupaten Wakatobi. Wakatobi merupakan sebuah wilayah yang dapat dikatakan sebagai smart city,” pujinya dalam bahasa Inggris ketika membuka Konfrensi Asia-Pasifik di Wakatobi.

Ia juga berpesan kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan tersebut agar dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan hingga selesai. Sementara kepada pembicara diharapkan agar dapat memberikan masukan dalam persentasi terkait pembangunan di wilayah masing-masing.

Sementara itu, beberapa yang menjadi pembicara dalam pembukaan konfrensi pagi itu antara lain, Mrs. Stephany Uy-tan, Walikota Catbalagon, Mr. Cai Chaolin Wakil Bupati Guangzhou, Mr. Hugua Bupati Wakatobi, Mr.Won, Hee-Ryong Gubernur Jeju, Mr.Djarot Syaiful Hidayat Wakil Gubernur Jakarta dan Mr.Ivan Kuznetsov Wakil Walikota Kazan.LINA