Mulai Sekarang Jangan Buang Biji Rambutan, Ini Khasiatnya

0

Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Kata “rambutan” berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut.

Rambutan banyak terdapat di daerah tropis seperti Afrika, Kamboja, Karibia , Amerika Tengah, India, Indonesia, Malaysia, Filipina.

Dibalik rasaya yang manis, ternyata Rambutan mempunyai khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Seorang Pakar Gizi, Rosihan Anwar Sgz, Seperti dilansir dari situs Tribunnews.com, menjelaskan,  kandungan buah rambutan didalamnya terdapat berbagai senyawa seperti Vitamin C, Fosfor, Zat besi, protein dan Karbohidrat yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Kandungan Tersebut hampir sama dengan kandungan yang terdapat pada buah Apel dan jeruk.

Dalam setiap 100gram buah rambutan atau setara dengan 3 buah rambutan, terdapat kandungan vitamin 58gram, 18gram karbohidrat, dan 70gram kalori.

“Selain itu, manfaat buah rambutan untuk kesehatan tidak hanya pada daging buahnya saja, biji dari buah rambutan tersebut ternyata juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita,”

Sementara itu Pram Pramono yang juga seorang Ahli Gizi mengatakan Biji dari buah rambutan juga dapat digunakan untuk mengobati Penyakit Diabetes. Hasil penelitian disimpulkan bahwa ekstrak metanol pada biji rambutan mengandung senyawa fenolik dan falvonoid. Ekstrak metanol mengandung 6 komponen senyawa yang terdiri dari 5 fenolik (flavonoid) dan 1 fenolik bukan flavonoid.

“Manfaat dari ekstrak metanol biji rambutan memiliki aktivitas hipoglikemik jadi berpotensi untuk membantu pasien khususnya yang mengalami gula darah tinggi alias diabetes melitus,” jelas Pramono.

Dilansir dari situs liputan6.com Dua mahasiswi Feni Juita dan Marleni menemukan cara inovatif dalam mencegah diabetes, yaitu dengan biji rambutan.

Kedua Mahasiswi tersebut masih berusia 18 tahun dan saat ini belajar di Fakultas ilmu kesehatan Universitas Ubudiyah, Banda Aceh. Mereka telah menemukan cara membuat minuman dengan biji rambutan. Menurut Feni Juita, inovasi itu berawal dari obat tradisional dari Gayo Lues, dimana penduduknya minum minuman dari biji rambutan kering, begitu yang dilaporkan dari nst.com.my, Rabu (22/4/2015)

“Kita menganggap biji rambutan sebagai sesuatu yang tidak bernilai dan langsung membuangnya. Namun dengan studi yang berdasarkan praktik kesehatan rakyat Gayo Lues, kami menemukan bahwa biji rambutan menganding banyak manfaat pencegahan diabetes”, Begitu tutur Feni Juita dalam upacara penutup International Engineering Invention and Innovation Exhibition di University Malaysia Perlis, Pauh, tanggal 21 April 2015.

Cara Membuat Obat Herbal dari Biji Rambutan

  • Siapkan 5 biji rambutan dari buah yang matang.
  • Pisahkan biji dari daging buahnya, setelah itu silahkan dibersihkan.
  • Selanjutnya potong menjadi beberapa potongan kecil-kecil dan sangrai dengan api sedang
  • Setelah berubah warnanya menjadi kuning kecoklatan, matikan api kemudian tiriskan di dalam wadah, biarkan sampai dingin.
  • Selanjutnya blender atau tumbuk biji rambutan yang telah disangrai tersebut sampai mendapatkan tekstur yang lembut dan halus.
  • Setelah itu, sedu bubuk biji rambutan dengan air panas, biarkan seduhan tersebut dingin dan air terpisah dari ampasnya.
  • Minum seduhan tersebut 1-3 kali sehari, 30 menit sebelum makan. Dan apabila mengidap diabetes parah konsumsi lah setiap hari secara rutin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.