Menjajal Jalur Offroad menuju Desa Wisata Namu

0

Suarakendari.com-Desa Wisata Namu tak hanya dikenal karena panorama alamnya yang indah , dibalik keindahan itu, banyak destinasi idaman para kaum offroader. Penyuka adventure roda dua atau empat akan menemukan jalur yang bisa dilalui dan penuh tantangan tentunya.

Jalur lingkar Langgapulu Namu Bay hanya berjarak 10 KM, namun memiliki track yang terbilang baik untuk kegiatan offroad. Untuk roda dua jalur trail Langgapulu – Namu terbilang cukup baik di musim kemarau dan menjadi jalur extreme di sebagian tempat saat hujan. Karakter tanahnya yang lengket sungguh pilihan yang menantang. Saat mencoba jalur ini pada April 2018 lalu, sekitar 15 offroader asal Konawe Selatan mengaku sangat tertarik dengan jalur track ini. “Sangat menantang karena jalurnya sangat ekstrem,”kata Rasyid, penggiat offroad Konawe Selatan.

Anggota DPRD Sulawesi Tenggara ini juga mengaku, selain disuguhkan dengan jalur ekstrim, sepanjang jalur juga dapat menemukan panorama keindahan yang cukup indah. “Dari puncak bukit kita dapat menyaksikan keindahan pantai dan laut,”ungkapnya.

Bagi offroader pemula sangat cocok untuk melatih skill dan ketahanan plus belajar pengenalan jalur. Bukit Batu Jaya dan Bukit Namu sangat variatif dari singgle track, jalur tanah / lumpur, batu cadas , kali kecil, kali besar , sampai ke jalur hill challange yang sulit untuk dilalui.

Perjalanan bisa dimulai dari belakang membelah jalur lingkar pesisir yang pekerjaan jalan dasar telah selesai di bangun, selain aksesnya gampang dan mudah untuk dijangkau. Menuju jalur puncak dua sebagai titik awal untuk melakukan pilihan jalur yang akan ditempuh.

Dalam dunia offroad ada istilah long trip short time / shot trip long time, pilihan nya bisa diarahkan ke jalur mana yg hendak dipilih, contoh :
1.LAnggapulu – lokasi tambang PNS– Batu Jaya ( jalur pendek – waktu lama). Dalam kondisi normal jalur ini bisa ditempuh dalam 1 jam saja.
2. Langgapulu – Desa Batu Jaya – puncak Namu ( jalur panjang – waktu pendek ) ini jalur medium bisa makan waktu 3 jam dng jarak 12 km.
3. Langgapulu –Btu Jaya – Namu Ini jalur extreme dan jarak tempuh panjang dan waktu yang lama, bisa makan waktu seharian .
Nah buat yang ingin jajal kawasanLanggapulu – Namu , tiga jalur tadi bisa menjadi pilihan. Tentukan saja sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.