Mengungkap Pesona Pulau Hari, Konawe Selatan

0

Suarakendari.com-Secara georafis Pulau Hari terletak di bagian Utara dari Kabupaten Konawe Selatan, melintang dari Utara ke Selatan antara 04o 02’13.3 dan 04o 02′ 17.4 Lintang Selatan, membujur dari Barat ke Timur antara 122o 46’37.1 dan 122o 46’41.3 bujur Timur. Akses ke pulau ini membutuhkan waktu 2 jam dari Bandara Haluoleo Kendari yakni dengan menggunakan kendaraan darat baik mobil maupun taxi selama 1 jam dan dilanjutkan dengan kapal cepat (speed boat) dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dengan mengambil posisi keberangkatan dari pelabuhan Beringin dan atau pelabuhan Wawonii.

Dalam perjalanan menunju pulau ini wisatawan maupun pengunjung dapat menikmati keindahan teluk Kendari diantaranya hutan bakau dan perumahan masyarakat nelayan atau pusat pemukiman nelayan di Kota Kendari serta berbagai aktivitas industri atau usaha masyarakat yang bermukim di sekitar teluk Kendari. Pulau ini memiliki pantai dengan pasir putih yang indah serta sejuk pada tiga sisi yakni pada bagian sebelah Barat dengan garis pantai yang landai kurang lebih 100 meter, demikian juga garis pantai sebelah Timur, sedangkan garis pantai sebelah Utara memiliki garis pantai yang landai kurang lebih 200 meter. Bagian Selatan pulau ini tidak memiliki pantai landai dalam arti garis pantainya langsung kedalaman dan sangat cocok untuk dermaga atau pelabuhan.

Pulau Hari yang hanya memiliki luas sekitar 5 Ha, terletak tidak jauh dari pesisir Kendari dan bias dijangkau sekitar 1,5 jam dengan perahu atau 45 menit dengan perahu cepat (speed boat). Kata “Hari” dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai “siang hari”. Penduduk asli menghubungkan pulau ini dengan nama tersebut karena adanya refleksi sinar matahari yang intensif disebabkan oleh permukaan air yang tenang. Pulau ini dikelilingi oleh batu karang yang mengagumkan dan menawarkan kesempatan-kesempatan yang luar biasa untuk menyelam.

Pulau ini berada di bagian Timur Kota Kendari. Walaupun pelayanan jasa wisata belum memadai, namun rutinitas pengunjungnya cukup ramai. Pada hari-hari libur tertentu, wisatawan lokal asal Kendari memanfaatkan pulau ini sebagai tempat berwisata. Pulau dengan pasir putih dan memiliki perairan yang sangat jernih dengan temperature berksar diantara 28oC – 34oC.

Obyek wisata Pulau Hari merupakan obyek wisata bahari yang dapat dinikmati dengan menggunakan peralatan selam (dive gear) atau peralatan snorkeling. Ada 5 titik penyelaman utama di pulau ini, dan 3 titik penyelaman lainnya berada di daratan Laonti tepatnya di Desa Baho-Labuan Beropa. Jarak pulau Hari ke Desa Baho ini ±10 menit.

Saat ini, telah ada beberapa operator penyelaman dan dive center lokal yang setiap hari Sabtu hingga Minggu sangat intens melaukan kegiatan eksplorasi pulau ini. Begitu pula halnya wisatawan nasional baik dari lokal Kendari maupun dari daerah lain yang telah sering berkunjung ke pulau ini. Untuk wisatawan mancanegara, dalam beberapa kesempatan, terdapat beberapa pengunjung yang berasal dari negara lain walaupun frekuensi kunjungan tidak sesering wisatawan lokal.
(Tulisan dan foto ini diambil di Facebook Yusup Maulana Mana)
Sumber : Dive Directory – Provinsi Sulawesi Tenggara

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.