Memprihatinkan, Buruh Sawit Mulai Terserang Penyakit

0

Suarakendari.com, Kendari – Nasib Ratusan buruh Perkebunan Kelapa Sawit PT. Damai Jaya Lestari sangat memprihatinkan, Sejak mengungsi dikantor Dinas Sosial Provinsi Sultra mereka hanya bisa pasrah dan menanti uluran tangan para dermawan yang ibah dengan kondisi mereka.

[Baca Juga : Walhi Sultra Menduga PT. DJL Melakukan Praktek Perbudakan di Kebun Sawit]

Kurangnya Air bersih dan minimnya nutrisi, membuat sejumlah balita mulai terserang diare dan demam. Selain itu Mereka juga mengaku kelaparan lantaran hanya mendapat jatah makan sekali per hari dari dinas sosial Provinsi Sultra. [Baca Juga : Dinsos Data Anak Korban PHK PT Damai Jaya Lestari]

Aula yang dijadikan tempat pengungsian juga minim fasilitas, ratusan buruh dan keluarga hanya tidur beralaskan terpal dan kertas koran bekas

“Mereka tidak enak badan karena sejak kemarin malam sampai kemarin siang mengalami situasi kelaparan.” Ujar Adrianus, Warga NTT

Sementara itu Iskandar, Kadis Dinas Sosial Provinsi Sultra tak bisa berbuat banyak, pasalnya Pihaknya hanya mampu menyediakan fasilitas Aula untuk dijadikan tempat pengungsian. Sementara untuk dana bantuan Dinas sosial tidak memiliki dana.

“Terkait Masalah mereka sebenarnya bukan urusan dinas Sosial, tapi urusan dinas tenaga kerja kan, ini karena pimpinan DPRD mengarahkan ke dinas sosial untuk meminjamkan sementara Aula.” Kata Iskandar, Kadis Sosial Provinsi Sultra.

[Baca Juga : Dinsos Sultra : Tidak Ada Dana untuk Korban PHK]

Iskandar Mengatakan Pemerintah Daerah Konawe Utara seharusnya yang bertanggung jawab atas masalah yang menimpa Warganya ini.

Hingga kini tak jelas nasib ratusan Buruh Perkebunan Sawit PT. Damai Jaya Lestari yang di PHK Tersebut, Namun mereka berharap pemerintah dapat memanusiakan mereka selama di pengungsian dan segera dipulangkan ke kampung halaman di nusa tenggara timur.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.