Membangun Konsel Melalui Keberagaman Budaya

0

 

KONSEL, SUARAKENDARI.COM- Berbagai suku bangsa ada di Kabupaten Konawe Selatan, tak berlebihan jika negeri Laiwoi  Selatan ini sebagai miniatur Indonesia . Melalui keberagaman budaya inilah menjadi kunci kekuatan pemerintah Konsel membangun daerah dan masyarakat. Hal ini dikatakan Imran Bupati Konsel, Drs H Imran MSi dalam perbincangan bersama sejumlah jurnalis.

Oleh karena penduduk Konsel berasal dari berbagai daerah di Indonesia itu, menyebabkan Konsel memiliki keberagaman budaya yang cukup tinggi dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Dalam menjaga kerukunan dalam keberagaman budaya itu, Pemerintah Konsel telah membuat peraturan daerah (Perda) yang memberi ruang bagi setiap suku bangsa, mengembangkan tradisi budaya masing-masing.

“Melalui Perda itu, masing-masing suku bangsa membentuk lembaga adat tersendiri, sehingga ketika terjadi perselisihan di tengah masyarakat dalam satu komunitas, diselesaikan lewat lembaga adat,”katanya.

Sementara untuk masalah yang melibatkan komunitas lain atau antarsuku, maka penyelesaiannya dilakukan melalui lintas komunitas. Sebagai upaya tetap menjaga keharmonisan antar lembaga, pemerintah memberikan kebebasan kepada tokoh-tokoh masyarakat mengelola lembaga adat melalui  lintas komunitas dan tokoh agama. Pemerintah membantu memberikan insentif atau semacam tunjangan dan semua itu, diatur jelas dalam Perda.

Dalam menentukan kebijakan membangun daerah, Pemerintah Konsel lebih dahulu menyerap aspirasi dari berbagai komunitas atau masyarakat desa. Hasil penjaringan dari berbabagai aspirasi tersebut tutur Imran, kemudian diramu menjadi kebijakan Pemerintah Konsel dalam membangun Konsel secara menyeluruh.(AN)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.