Media Online, Jadi Tantangan Bagi Media Cetak

0

Suarakendari.com, Direktur Utama Harian Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengatakan bahwa dengan hadirnya media online saat ini menjadi sebuah tantangan sendiri bagi media cetak. Hal tersebut diungkapkannya dalam Seminar Nasional yang diselenggarakan AJI Kendari di Swisbel-Hotel Kendari, Jumat (2/10/2015).

Menurutnya, hadirnya media online saat ini merupakan salah satu tuntutan dari perkembangan teknologi. Dengan adanya media online tentu saja dari sisi kecepatan, media cetak akan kalah.

“Jika kita lihat saat ini, pemberitaan yang disuguhkan media online pasti akan memberitakan sebuah peristiwa yang sedang berlangsung, dari sisi kecepatan ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi media cetak,” katanya.

Tidak hanya media online saja, tetapi media elektronik lainnya seperti televisi juga memiliki keunggulan sendiri, dimana berita yang disuguhkan tidak berbayar, tinggal nonton. Hal ini berbeda dengan media cetak, dimana jika ingin membaca berita harus membeli surat kabar.

Namun demikian, hal tersebut tidak akan membunuh media cetak justru memberikan dorongan untuk terus melakukan hal yang jauh lebih baik lagi.

“Semua sudah ada pangsanya, sebagai media cetak kami juga harus lebih memperhatikan keunggulan dari sisi pemberitaan dan keuntungan yang bisa kami berikan kepada pengiklan,” ujarnya.

Ia bahkan memberikan penilaian dari sisi lain bahwa hadirnya media online menjadi sebuah sinergitas bagi media cetak. Bukan hanya dari pemberitaan yang akan disajikan, dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini juga memberikan dampak kepada wartawannya sendiri, apakah mampu mengikuti perkembangan tersebut atau masih terbiasa dengan kebiasaan sebelumnya.

“Semuanya juga kembali kepada wartawannya, kita tentu masih ingat dulu ada namanya mesin ketik tapi dengan adanya perkembangan teknologi sudah ada komputer yang lebih memudahkan,” tukasnya.

Irwan juga menambahkan keuntungan sendiri bagi media cetak memiliki waktu yang lebih panjang untuk melengkapi pemberitaan yang ada. (LINA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.