MARAK PEMBOMAN IKAN DI PERAIRAN MORAMO UTARA

Sepuluh menit berdiri dua dentuman menggema di kejauhan. Lima menit berikutnya, satu dentuman dari arah timur, jaraknya cukup dekat, air laut sekitar Kami bergetar. Akhir pekan di laut memang sedikit memilukan, setidaknya tujuh kali dentuman terdengar sepanjang pagi hingga menjelang siang dan kami selalu menghitung hingga akhirnya semua kembali hening. 

“Sangat mengerikan aktiftas ilega fishing di wilayah ini, oknum oknum nelayan benar-benar tidak ramah lingkungan,”kat Dhany, pemerhati lingkungan.

Aktifitas pemboman ikan ini diduga telah berlangsung lama, namun luput dari pantauan aparat berwenang. Hampir dipastikan, akibat aktifitas pemboman ikan, karang disepanganjang pesisir Moramo Utara hingga Moramo induk kini dalam fase menghawatirkan. “Kemungkinan besar karang di perairan ini sudah banyak yang hancur, ini berkonsekwensi pada hilangn biodiversity bawah laut kita. Dan akan berpengaruh pada penghasilan ikan para nelayan itu sendiri yang kian menurun,”ujar Dhany yang juga seorang penggiat hoby mancing.

Dhany kuatir jika ini terus dibiarkan maka akan mengancam masa depan perairan di kawasan Moramo dan sekitarnya. “Saya berharap agar pemerintah dan aparat berwenang dapat mengatasi masalah ilegal fishing di wilayah ini dan memberi penyuluhan bahaya penggunaan bom ikan dan sejenisnya,”harapnya. SK

Komunitas mancing mengeluhkan maraknya aktifitas pemboman ikan di kawasan perairang Moramo Utara. foto: Yoshasrul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.