Ini Dia Mobil Masa Depan

SUARAKENDARI.COM-Teknologi dunia kian maju. Di industri otomotif pengembangan luar biasa tengah terjadi. Para pengembang mobil terbang asal Negeri Paman Sam, Terrafugia, kian berambisi untuk menemukan inovasi besar dalam sejarah hidup manusia berupa mobil roda empat yang mampu terbang, bahkan tanpa sayap. Meski dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mewujudkan sebuah mimpi itu menjadi kenyataan, Terrafugia tidak pernah patah arang.

Projek terdepan yang kini tengah digarap dikenal dengan nama TF-X flying machine dengan kolaborasi desain mobil lawas, namun dipadu dengan teknologi paling canggih saat ini.

Secara teknis,  seperti dilansir merdeka.com, TF-X menggunakan tiltrotor systemseperti yang dipakai oleh Bell Boeing V-22 Osprey dan tenaga pendorong yang dikonversi dari baling-baling di titik buritan mobil. Dengan konfigurasi rancangan rangka dan kapasitas kabin besar, ia setidaknya sanggup untuk mengangkut empat orang.

Sebagai mobil dua dunia yakni di darat dan udara, TF-X menganut mesin hybrid yang memang disuguhkan sesuai kebutuhan berkendara. Dengan demikian, ia tak ubahnya mobil empat roda biasa yang hemat bahan bakar dan minim gas buang. Hanya bedanya, TF-X memiliki kemampuan mengudara.

Perusahaan dibalik pembuatan TF-X terus mengupayakan agar nantinya ia menjadi mobil terbang hybrid layak jalan baik darat maupun udara.

Lebih menariknya lagi, cara terbang TF-X tidak selalu dilakukan secara manual, namun tersedia pula sistem auto pilot layaknya pesawat terbang. Ia juga dilengkapi dengan sensor-sensor control agar mobil mampu mengudara dan mendarat secara otomatis. Kontrol manual tentu saja tetap dipertahankan untuk mengantisipasi jika terjebak dalam keadaan darurat seperti cuaca buruk saat penerbangan berlangsung. SK/MDK

 

Cara Membersihan Karang Gigi Tanpa Harus ke Dokter Gigi

Anda malas pergi ke dokter gigi? Karena dana anda tak cukup atau karena tak cukup waktu untuk membersihkan karang hingga plak pada gigi? Sebaiknya, sebagaimana anjuran dokter maka sebaiknya kita harus rajin melakukan perawatan dengan menjaga kesehatan dan kesegaran mulut agar kuman penyakit tidak terus menerus bersarang di mulut. Apalagi kebersihan mulut sangat penting karena setiap saat kita akan melakukan komunikasi dengan orang lain. Nah, jika dana tidak cukup untuk ke dokter gigi, maka cara mengatasinya sebagai berikut :

Gunakan Baking soda

Selama ini adan sering menggunakan pasta gigi, maka yang harus diketahui bahwa, bahan dasar pasta gigi terbuat dari baking soda. Maka dari itu baking soda yang original bisa membantu kita dalam membersihkan plak atau karang gigi dengan lebih cepat. Caranya sangat mudah, yakni, ambil baking soda dan letakkan pada bulu sikat gigi Anda, kemudian beri sedikit air dan kemudian gososk pada gigi Anda, jangan lupa pusatkan pada plak gigi. Lakukan hal tersebut secara rutin dan setelah itu bercerminlah dan lihatlah hasilnya seketika karang gigi yang selama ini menempel akan lenyap dari gigi Anda.

Gunakan Cuka apel

Penggunaan cuka sari apel juga memjadi salah satu alternatif dan telah terbukti efektif dalam menghilangkan karang gigi alias plak. Membeli cuka apel banyak di jual di toko atau swalayan. Cara penggunaan dengan merendam sikat gigi Anda dalam cairan cuka apel setelah itu gosokkan pada gigi Anda. Bilas rongga mulut Anda dengan air untuk mencegah kerusakan pada enamel gigi.

Menggosok gigi dengan tepat

Sikat gigi secara rutin menjadi faktor utama, dengan syarat menyikat gigi dengan benar. Sejumlah pakar menyarankan memegang sikat gigi Anda pada sudut 45 derajat menghadap garis gusi Anda adalah cara yang paling tepat, kemudian sikat secara menyeluruh dari atas ke bawah. Sudut tersebut juga membantu Anda membersihkan garis gusi. Selamat mencoba SK/MD

Kisah Nyata, Pohon Sudah Tumbang Tiba-tiba Berdiri Kembali

Suarakendari.com- Peristiwa ini benar-benar terjadi di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Sebuah pohon yang sudah tumbang setelah ditebang oleh empat petugas Dinas Kehutanan dan Pertanian Kota Kendari tiba-tiba berdiri kembali. Kontan saja, empat pemuda lari tunggang langgang, meninggalkan parang mereka.

Cerita bermula saat, awal September lalu, keempat petugas tersebut berpatroli di hutan seluas tiga hektar yang terletak di Kecamatan Baruga tersebut. Karena kondisi pohon yang sudah tua dan dianggap membahayakan para pelajar dan mahasiswa yang kerap meneliti di hutan tersebut, Mereka kemudian melaporkan kondisi tersebut kepada atasannya. Mendapat laporan Kepala dinas kehutanan dan pertanian pun memerintahkan ke empatnya untuk menebang pohon tersebut. 

Menjelang siang hari petugas yang sebagian masih bujang tersebut kembali ke hutan kota dan mulai beraksi menebang pohon tua tersebut menggunakan parang. Alhasil, tak butuh waktu lama, pohon yang ditebang pun tumbang. Namun, anehnya hanya dalam hanya hitungan menit saja , pohon yang tumbang tadi tiba-tiba saja kembali berdiri tegak seperti sediakala. Bak melihat hantu di siang bolong, kontan, empat petugas kehutanan itu ketakutan dan tanpa berpikir panjang langsung lari tunggang langgang meninggalkan lokasi. Bahkan, salah satu dari petugas sempat sakit keras.

“Teman saya itu bermimpi melihat seorang kakek yang marah karena rumahnya dirusak,”kata Seniwati, pegawai di Kantor Dinas Kehutanan dan Pertanian Kendari.

“Sakitnya baru reda setelah ada “orang pintar” yang datang mengobati dan membuat ritual ‘mooli’ atau ritual meminta bagi suku tolaki,”tambahnya.

Hutan Kota Baruga merupakan kawasan hutan yang digunakan sebagai lokasi penelitian bagi mahasiswa dan peneliti. Hutan milik pemerintah kota kendari ini memang dikenal cukup asri dengan menyimpan aneka jenis pepohonan. Hutan seluas 3 hektar yang berbatasan dengan taman makam pahlawan Kendari ini juga kerap digunakan sebagai lokasi ritual bagi warga Bali.

Seram, Tubuh Seluruh Anggota Keluarga Ini Dipenuhi Bulu

Sebuah keanehan terjadi terhadap keluarga pria meksiko, Jesus Aceves. Sekujur tubuh seluruh keluarga ini dipenuhi oleh bulu hingga kebagian wajah. Sehingga tak heran jika kemudian mereka dijuluki keluarga rambut lebat.

Berdasarkan hasil penelitian, keluarga tersebut memiliki mutasi genetik bernama Hypertrichosis atau sindrom Ambras. Hal ini bahkan dimulai dari nenek buyut yang menurun hingga generasi kelima.

Atas keanehan yang ada pada dirinya, Saat berusia 12 tahun, Pemilik sirkus tertarik untuk melibatkan Aceves dalam atraksi sirkus dengan imbalan berupa uang.Hal ini membuat mereka bertiga menjadi bahan olokan serigala anak laki-laki.

Beberapa tahun berlalu, Aceves berhenti bekerja sebagai pekerja sirkus dan kembali ke rumah untuk bekerja bersama istri dan putrinya.

Latar belakang pendidikan Aceves yang kurang memadai, membuat ia sulit mendapatkan pekerjaan, sehingga sehari hari ia hanya menjadi seorang buruh pemetik buah atau pembuang limbah.

Selain itu, mereka pun kerap dipandang rendah dan bahakan menjadi bahan olok-olokan tetangga disekitar rumah mereka.

Apa yang terjadi pada Aceves dan keluarga membuat seorang pembuat film dokumenter, Eva Aridjis, merekam aktivitasnya. Aridjis berharap dengan film dokumenter ini bisa membantu Aceves dan keluarga mendapaktan kehidupan yang lebih baik.

“Mereka adalah orang-orang yang tidak memiliki sahabat, karir, stabilitas cinta, dan kami harap bisa sedikit mengubah itu,” terang Aridjis seperti dikutip laman firsttoknow kemarin. (msc)

Inspiratif, Vokalis Band yang Hobi Berkebun

Suarakendari.com- Alaeka Zulkarnain, vokalis Save Band memberi inspirasi bagi banyak anak muda di Kota Kendari. Tak hanya hobi bernyayi, pria kelahiran Kendari 39 tahun silam ini punya hobi berkebun. Di halaman rumahnya yang asri tumbuh aneka jenis tanaman, dari jenis sayur mayur hingga aneka tanaman bunga.

Saat berkunjung ke kediamannya di Kelurahan Puwatu, Kota Kendari, nampak aneka tanaman tumbuh subur dengan buah yang ranum menghijaukan halaman yang cukup luas tersebut. Di sana terdapat aneka tumbuhan palawija yang tidak asing lagi, seperti tomat, daun selada, seledri , aneka cabe, terong, sawi, gambas hingga kacang panjang yang ditanam di sejumlah wadah  seperti jerigen dan ember bekas, pipa paralon hingga wadah bekas air kemasan.

Selain tanaman palawija, terdapat pula aneka bunga yang dibudidaya, diantaranya, bunga suplier, bonsai beringin. Aneka wadah Dari hobinya tersebut, sejumlah penghobi tanaman kerap datang ke rumahnya, sembari bertukar pengalaman cara menanam.

DI halaman rumah Alaeka Zulkarnaen menyalurkan hobinya menanam aneka tanaman palawija dan aneka bunga. foto: FB:Alaekazulkarnaen
Di halaman rumahnya yang lapang, Alaeka Zulkarnaen menyalurkan hobinya menanam aneka tanaman palawija dan aneka bunga. foto: FB:Alaekazulkarnaen

Untuk tanam palawija yang digunakan adalah sistem hidroponik. Istilah menanam menggunakan sistem hidroponik saat ini memang sangat populer. Kata Hidroponik berasal dari bahasa Yunani yaitu “hydro” yang berarti air dan “ponics” yang artinya daya atau tenaga atau tenaga kerja. Jadi menanam dengan sistem hidroponik artinya menanam menggunakan media air atau tenaga kerja air. Dalam dunia pertanian, sistem hidroponik juga dikenal sebagai soilless culture atau budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah. Jadi hidroponik berarti budidaya tanaman yang memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam atau soilless.

Naim menjelaskan, menanam dengan teknik hidroponik berarti kita bercocok tanam dengan memperhatikan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman yang bersangkutan, atau istilah lainnya bercocok tanam tanpa tanah tetapi menggunakan air yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Di mana pun tumbuhnya sebuah tanaman akan tetap dapat tumbuh dengan baik apabila nutrisi (unsur hara) yang dibutuhkan selalu tercukupi. Dalam konteks ini peranan tanah adalah untuk penyangga tanaman dan air yang ada merupakan pelarut nutrisi, untuk kemudian bisa diserap tanaman. Dari sinilah akhirnya muncul beberapa teknik bertanam dengan menggunakan air yang kita sebut hidroponik, di mana yang ditekankan adalah pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman.

Kecintaanya akan tanaman memang tidak datang begitu saja. Keluarga besarnya terutama sang ayah menjadi orang yang paling memiliki jasa. “Saya belajar dari orang tua saya yang juga hobi berat berkebun,”kata Naim.

Aneka jenis tanaman milik Alaeka Zulkarnen. foto: Fbalaeka
Aneka jenis tanaman milik Alaeka Zulkarnen. foto: Fbalaeka

 

Dari aktifitasnya itu, Naim mengaku, tak lagi harus belanja sayuran. “Kalau mau makan tinggal petik, tak perlu lagi belanja,”katanya sembari tersenyum. Tak hanya itu, Naim dengan perlahan mengenalkan tiga buah hatinya pada jenis-jenis tanaman, sekaligus mengajari mereka pola bercocok tanam. “Di usia mereka yang masih sangat muda, kita memperkenal cara bercocok tanam, biar muncul kecintaan mereka pada tanaman,”ujar Zulkarnain.

Seperti di ketahui, Save Band adalah salah satu asal Kendari yang pernah melejit lewat tembang-tembang muda mereka. Band yang digandrungi muda mudi ini hingga kini terus menelurkan karya-karya khususnya pencinta musik Indonesia. SK

Secangkir Kopi di Malam Hari, Buat Anda Sulit Tidur

Para Ilmuwan Mengatakan, Tanpa anda sadari, Secangkir Kopi dimalam hari dapat membuat anda tidak tidur semalaman.
Studi mereka dalam ilmu kedokteran menunjukan jika cafein lebih dari sekedar perangsang dan dapat memperlambat kinerja tubuh.

Double espresso tiga jam sebelum tidur, dapat menunda produksi hormon melatonin tidur oleh tubuh Sekitar 40 menit, sehingga sulit untuk tertidur.

Diceritakan situs BBC News, Salah satu peneliti, Dr John O’Neill, dari Laboratorium Medical Research Council of Molecular Biology di Cambridge mengatakan : “Jika Anda lelah dan Memiliki kopi untuk tetap terjaga di malam hari, maka itu adalah ide buruk , Anda akan merasa lebih sulit untuk pergi tidur dan cukup tidur. ”

Dalam separuh penelitian, sel-sel tumbuh di piring Apakah terkena kafein untuk bekerja keluar bagaimana mengubah Kemampuan mereka untuk menjaga waktu.

Sementara itu, lima orang di University of Colorado Boulder, di AS, terkunci di laboratorium tidur selama 50 hari.

Dan seperti paparan cahaya, cara utama kita mengontrol daya tahan tubuh, biasanya menghabiskan waktu dalam cahaya yang sangat redup.

Dalam serangkaian percobaan selama setengah bulan, para ilmuwan itu Menunjukkan dosis malam kafein memperlambat jam tubuh 40 menit.
Itu kira-kira setengah dampak tiga jam dari cahaya terang pada waktu tidur.

Dr O’Neill mengatakan, untuk mengatur waktu cut-off untuk minum kafein di malam hari tapi saya pribadi tidak pernah minum kopi setelah pukul 17:00.

Dia mengatakan, semoga hasil penelitian membantu mengobati beberapa gangguan tidur dan orang yang secara alami terbangun terlalu dini.

“Ini bisa menjadi berguna, jika Anda terjaga hingga matahari terbit, Dimana mengambil kafein pada waktu yang tepat, Mungkin mempercepat waktu Mengatasinya,” Dia menambahkan.

Dilansir dari BBC, Prof Derk-Jan Dijk, dari University of Surrey mengatakan: “Individu Berbeda dalam sensitivitas mereka terhadap kafein, dan jika peminum kopi mengalami Masalah dengan jatuh tertidur, Cobalah untuk menghindari minum kopi di sore dan malam hari.”

(BBC)

Mobil Seharga Rp 35 Milyar, Hadiah Ulang Tahun Pemilik Google untuk Isterinya

Suarakendari.comBenjamin Sloss yang tak lain pemilik Google memberikan kejutan luar biasa untuk isterinya, Christine dengan memberikan Ferrari FXX K. Tak tanggung-tanggung harga mobil Ferrari ini mencapai Rp 35 miliar.

Christine, sang istri tentu saja kaget. “Dia berpikir diajak ke Maranello untuk mengendarai Ferrari 599XX Evo karena mobil tersebut dititipkan sang suami di markas Ferrari. Tapi ketika datang, dia disambut oleh Ferrari FXX K berwarna kuning,”kata seorang sumber .

Selama ini Sloss memang dikenal sebagai salah satu pecinta Ferrari. Di tahun 2012 saja, Sloss  membayar US$ 1,8 juta atau sekitar Rp 25 miliar untuk sebuah Ferrari 599XX Evo di sebuah pasar kegiatan  lelang amal.

Pada tahun 2015, Sloss  kembali menjadi berita utama dan membuktikan kemurahan hatinya dengan mempersembahkan sebuah Ferrari FXX K sebagai hadiah ulang tahun Christine.

Ferrari pun mengundang keduanya ke markas mereka Ferrari di Maranello untuk mengetes mobil tersebut di trek Fiorano.

Mobil yang didasarkan pada LaFerrari tersebut lalu dites dan membukukan waktu 01:20, cukup dekat dengan waktu yang dicatatkan LaFerrari yakni 1: 19,70 ketika dilajukan oleh tester resmi Raffaele De Simone. [Syu/Idr]

Gunakan Cari ini, Berat Badan Wanita Ini Turun 110 Kilogram

Suarakendari.com – Clara Williams telah mengalami masalah berat badan semenjak ia duduk dibangku kelas 2 sekolah dasar. Meski berat badannya terus merangkak naik, Clara tak dapat melepaskan diri dari kebiasaan makan permen, camilan kripik dan makanan olahan lainya. Saat ia berusia 20 tahun, berat badan williams sudah mencapai 99 kilogram.

5 tahun kemudian, Williams melahirkan putri pertamanya dan berat badannya pun semakin tak terkendali hingga mencapai berat 136 Kg. Tidak sampai disitu saja, Berat badan Williams terus bertambah hingga membuatnya mulai merasa tidak nyaman. Bahkan, dia pun sampai merasa kesulitan untuk berbelanja busana yang sesuai untuk ukuran tubuhnya.

“Berat badan saya terus bertambah naik dan saya mencapai rekor tertinggi saat memeriksakan diri ke dokter, berat saya 193 kilogram pada tahun 2010. Saya mengenakan celana jeans ukuran paling besar yang ada di toko busana wanita dan kesulitan untuk mengencangkan celana,” ujar Williams.

Berat badan Williams yang terlampau tinggi ini pun menjadi kekhawatiran bagi putrinya.

Setelah putri Williams melahirkan seorang anak laki-laki, dia menyatakan bahwa ibunya perlu melakukan sesuatu untuk menurunkan berat badannya.

“Saya tahu saya mungkin tidak bisa mendampingi cucu saya atau keluarga saya yang lain kalau saya tidak mengendalikan berat badan saya. Rasanya sulit untuk bangun dari tempat tidur tanpa dibantu atau menggendong seorang bayi. Saya lelah untuk merasa lelah. Akhirnya saya putuskan untuk berjuang,” tutur Williams.

Pada tahun 2011, Williams bergabung dengan lembaga TOPS Club Inc yang merupakan singkatan dari Take Off Pounds Sensibly. Lembaga ini mendukung warga sedang yang mengalami masalah pada berat badan dengan mengadakan pertemuan rutin. Belajar dari setiap pertemuan, Williams mengganti konsumsi makanan cepat saji dengan makanan berbahan dasar alami. Selain itu, dia melakukan olahraga santai secara rutin.

Williams pun mulai lebih banyak mengonsumsi ikan salmon, ayam, sayuran, dan yogurt ketimbang mengudap keripik kentang atau permen. Dengan pola makan seperti ini, Williams tidak pernah merasa dirinya menjalani program diet.

“Ini adalah pilihan sehari-hari dan saya menyadari bahwa untuk memperoleh perubahan berarti, Anda harus bangun pagi setiap hari dan memilih makanan sehat,” imbuh Williams.

Kini, Williams telah berhasil menurunkan berat badannya hingga 110 kilogram. Dia tetap menjalani gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat, alami, yang bergizi dan melakukan olahraga secara rutin. Setidaknya, Williams melakukan kardio dan angkat beban selama satu jam per hari, dua hingga tiga kali dalam seminggu.

“Ketika berat badan saya turun, saya akhirnya merasa bebas dari kungkungan kelebihan berat badan yang menyiksa tubuh saya. Nyeri di punggung dan lutut saya menghilang. Saya bisa pergi ke taman bersama cucu saya dan bermain dengannya selama berjam-jam,” terang Williams. (Kompas)

Ini Cara Mengatasi Rambut Beruban

SUARAKENDARI.COM-Masih muda tapi sudah beruban. Tentu sebuah masalah. Nah, bagi Anda yang memiliki masalah uban berikut tips untuk mengatasinya.

Sebelum mengetahui perawatan yang tepat untuk uban saat remaja, ada baiknya Anda mengetahui apa yang menyebabkan rambut berubah berwarna abu-abu atau putih. Ini karena pigmen yang disebut melanin, yang seiring bertambah usia akan menurun sehingga muncul uban.

Begitu pula halnya dengan yang dialami remaja saat menemukan rambut putih di kepalanya. Itu berarti produksi melaninnya turun pada usia tersebut. Produksi melanin dapat dipengaruhi oleh berbagai alasan. Rokok, minuman keras, junkfood serta bahan kimia adalah beberapa alasan dari hal ini.

Setelah mengetahui penyebabnya, mari kita lihat perawatan yang tepat bagi remaja yang memiliki rambut beruban.

1. Gunakan bawang
Apakah Anda tahu bawang memiliki efek untuk memperindah rambut yang beruban secara dini? Kupas beberapa siung bawang lalu buat jus. Sekarang, gunakan jus bawang tersebut ke seluruh permukaan kulit kepala Anda. Lakukan setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

2. Henna dan fenugreek
Ambil bubuk henna dan pasta fenugreek, tambahkan dengan buttermilk dan minyak kelapa untuk campuran membuat pasta yang kental. Sekarang, pijat dengan lembut pada kulit kepala dan rambut. Anda dapat menyimpan sisanya dalam wadah kedap udara.

3. Diet sehat
Anda mungkin mengetahui semua perawatan luar untuk menghentikan uban yang tumbuh secara dini. Tapi apakah Anda tahu bagaimana cara lain agar rambut putih Anda berhenti tumbuh? Anda harus mengikuti diet sehat dengan sayuran segar dan buah-buahan. Sertakan salad dan yoghurt dalam diet harian Anda untuk mencegah uban pada rambut.

4. Minyak rambut
Seperti tubuh, kulit kepala dan rambut juga memerlukan nutrisi. Minyak adalah makanan rambut. Ambil lah minyak kelapa dan mencampurnya dengan beberapa tetes minyak almond. Juga tambahkan jus lemon untuk campuran itu. Campuran ini tidak hanya akan mencegah rambut memutih secara dini tetapi juga menghilangkan ketombe.

5. Stop kebiasaan tak sehat
Remaja sering menjalani gaya hidup dan kebiasaan buruk seperti merokok, minum, pesta larut malam, memiliki makanan berminyak dan sebagainya. Untuk menjaga rambut Anda kuat dan untuk mempertahankan warna yang sebenarnya, Anda harus berhenti pada kebiasaan ini. (boldsky.com)

Cara Mudah Hilangkan Komedo

SUARAKENDARI.COM- Wajah Anda berkomedo? Berikut beberapa langkah mudah untuk membersihkan komedo di sekitar hidung Anda.

Pertama gunakan garam. Ternyata garam dapat membantu menghilangkan komedo. Caranya, cucilah wajah Anda dengan air hangat agar pori pori di wajah Anda sedikit terbuka. Setelah itu, basuhlah wajah dengan air yang telah dicampur dengan garam. Lakukan cara ini minimal sehari sekali. Hal ini dimaksudkkan untuk mengurangi kadar minyak berlebih dalam wajah Anda.

Pasta gigi

Percaya dan tidak, pasta gigi bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi komedo membandel. Oleskan sedikit pasta gigi pada daerah wajah yang berkomedo lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu bilaslah dengan menggunakan air bersih.

Perasan air lemon

Selain bekhasiat mengatasi jerawat, jeruk lemon juga sangat ampuh untuk mengatasi komedo di sekitar hidung Anda. Caranya, peras lemon kemudian balurkan airnya pada area wajah yang berkomedo. Lakukan perawatan ini setiap hari terutama pada pagi hari.

Es batu

Setelah beberapa langkah di atas berhasil membuat wajah Anda kembali bersih tanpa komedo, kini saatnya untuk memberikan sentuhan akhir pada wajah agar komedo tak kembali lagi. Ambil sedikit es batu lalu tempelkan perlahan-lahan pada bagian yang telah Anda bersihkan tadi, sehingga pori-pori mengecil dan menghambat munculnya komedo.SK/MDK.