Krisis Air Bersih, Warga Muna Barat Konsumsi Air Keruh

0

Suarakendari.com, Muna Barat – Warga Kabupaten Muna Barat Terpaksa harus mengkomsumsi Air keruh untuk kebutuhan sehari hari. hal tersebut mereka lakukan karena Krisis Air Bersih yang melanda daerah itu akibat kemarau panjang beberapa bulan terakhir.

Sumur yang menjadi andalan warga bahkan mulai kering dan kondisi airnya keruh sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Untuk memperoleh Air bersih yang layak konsumsi warga terpaksa harus memesan terlebih dahulu air bersih dari perbatasan Kabupaten Muna dengan harga 60 Ribu Rupiah, namun beberapa warga yang tidak mampu membeli air bersih terpaksa harus berhemat menggunakan air sumur yang tersisa.

Salah seorang warga bernama wamulu mengeluhkan kondisi air yang jauh membuat anak anak mereka kesulitan untuk mandi,terlebih harus kesekolah dipagi hari.

“Kami setengah mati pa, karena pagi terutama bagi anak anak pelajar untuk mandi setengah mati.” Tutur Wamulu.

Satu buah Sumur yang masih menyisahkan air keruh juga harus dimanfaatkan bersama tetangga, kondisi ini dirasakan sangat menyulitkan warga.

Mengatasi terjadinya Krisis air bersih didaerah ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Mulai melakukan pendataan agar segera menyediakan sumur bor di setiap desa.

” Insyaallah sehari setelah ini kami akan lakukan analisis dan mencoba menganalisa bantuan agar lebih cepat.” Terang Muhammad Naazirun, Kepala BPMD Muna Barat.

 

Penulis : Rahmat Buhari

Editor : Saydul Akram

Leave A Reply

Your email address will not be published.