Kota Kendari Dominasi Ketidak Lulusan Siswa SMP

0

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sudah dilaksanakan pada bulan Mei lalu. Semua peserta ujian juga sudah melakukan yang terbaik untuk kelulusannya.

Sayangnya, Kota Kendari yang merupakan Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan penyumbang terbesar ketidak lulusan SMP tahun ini. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Damsid, kepada sejumlah rekan media.

“Untuk kabupaten/kota yang banyak tidak lulus itu dari Kota Kendari yakni sebanyak 17 siswa tidak lulus, kemudian Kabupaten Konawe sebanyak 15 orang disusul Kabupaten Bombana sebanyak 14 orang, Kabupaten Muna 10 orang, Kabupaten Buton 7 orang, Bau-Bau 6 orang dan Kabupaten Kolaka 1 orang,” jelasnya.

Meskipun demikian, terdapat pula beberapa kabupaten yang memiliki tingkat kelulusan 100 persen, antara lain, Kabupaten Konawe Selatan, Wakatobi, Kolaka Utara, Konawe Utara, Buton Utara, Kolaka Timur dan Kabupaten Konawe Kepulauan.

“Memang menjadi hal yang menggembirakan karena dua kabupaten pemekaran baru yakni Kabupaten Kolaka Timur dan Konawe Kepulauan bisa lulus 100 persen,” ujarnya.

Seperti diketahui bahwa tingkat kelulusan SMP di Sultra tahun 2013/2014 yakni sebanyak 99,84 persen dari total siswa yang mengikuti ujian 43.956 siswa, hanya 70 orang siswa yang tidak lulus atau 0,16 persen. (LINA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.