Kapal Pengangkut Wisatawan Masih Minim Dilengkapi Jaket Pengaman

0

Suarakendari.com-Sektor pariwisata Sulawesi Tenggara menjadi surga bagi para pelacong atau wisatawan tanah air hingga luar negeri. Ini potensi wisata Sulawesi Tenggara yang terkenal dengan panorama alam yang indah, baik yang ada di darat maupun pesisir. Namun, di tengah membaiknya iklim pariwisata bumi anoa, masih belum dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, khususnya di daerah tujuan wisata. Salah satu fasilitas yang masi abai adalah jaket pengaman pelayaran atau yang lazim disebut lifejacket.

Baju pelampung merupakan perangkat yang dirancang untuk membantu pemakai, baik secara sadar atau di bawah sadar, untuk tetap mengapung dengan mulut dan hidung berada di atas permukaan air atau pada saat berada dalam air. Perangkat yang dirancang dan disetujui oleh pihak yang berwenang dalam hal ini Biro Klasifikasi Indonesia untuk digunakan oleh sipil dalam rekreasi berlayar, pelaut, kayak, kano.

Mengingat jalur wisata dominan ada di pesisir maka fasiltas jaket pengaman mutlak diperlukan. Terlebih di musim timur yang memiliki kondisi ombak yang cukup besar. Maka sinyal tanda bahaya perlu ditingkatkan demi mencegah yang tidak diinginkan. Saat musim timur, ombak cukup tinggo, ini menjadi tantangan tersendiri bagi jalur wisata yang tengah dikembangkan saat ini, termasuk desa wisata namu karena letaknya berada di pesisir laonti, sehingga dibutuhkan lifejacket sebagai savety bagi mereka yang doyan bepergian ke tempat ini.

Pengamatan selama ini, seluruh kapal rakyat yang mengangkut wisatawan ke Desa Wisata Namu ternyata tidak ada yang dibekali dengan lifejacket sebagai syarat pelayaran. “Yang menyediakan lifejacket itu ranah dinas apa sebenarnya??? dinas perhubungan atau dinas apa? Komunitas Ruruhi yang bergerak di sosal dan wisata bersama pemerintah desa sebenarnya sudah pernah mengusulkan agar ada bantuan jaket pengaman bagi penumpang yang akan ke desa namu dst, namun hingga kini tidak ada perhatian,”ungkap Arlan, penggiat wisata dampingan Ruruhi yang juga warga Desa Namu. SK

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.