Jurnalis Galang Dana Kemanusiaan untuk Buruh Korban PHK

0

SUARAKENDARI.COM-Sejumlah jurnalis di Kendari menggalang dana untuk ratusan buruh perkebunan sawit korban pemutusan hubungan kerja  (PHK) PT Damaui Jaya Lestari (DJL). Para jurnalis mengumpulkan sumbangan dari kantong pribadi dan membangun solidaritas bersama melalui jaringan organisasi maupun per seorangan.

“Alhamdulillah, setelah menggalang dana bersama-sama sudah ada bantuan yang berdatangan, kami juga masih membuka posko bantuan bagi saudara-saudara kita yang menjadi korban PHK dari PT. DJL. Mereka membutuhkan obat-obatan, makanan, selimut, pakaian layak pakai, bagi yg ingin menyumbang berupa dana, kami juga membuka posko yang bisa langsung diantarkan ke Sekretarian Aliansi Jurnalis (AJI) Kendari. Untuk hari ini sumbangan yang terkumpul baru mencapai satu juta  rupiah,”ungkap Sitti Harlina, anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI)Kendari.

Uang yang terkumpul, lanjut perempuan berjilbab ini, rencananya akan dibelikan  bahan makanan, seperti beras, umbi-umbian dan lauk pauk.  “Kasihan mereka sudah menginap berhari-hari hanya makan seadanya, seperti indomie, jadi kami coba belikan makanan selain mie instan,”katanya.

Yang membuat, junalis tergerak karena melihat kondisi para korban PHK, terutama anak-anak dan ibu-ibu yang sebagian sudah mulai lemas. “Beberapa diantara mereka jatuh sakit akibat tidur di lantai gedung dewan dan menderita kekurangan asupan gizi,”kata Sitti Harlina.   Ia berharap  pemerintah maupun organisasi masyarakat dapat tergerak meringankan beban derita para korban.   SK

Leave A Reply

Your email address will not be published.