Jumlah Pendamping Dana Desa di Sultra Dipangkas

0

Suarakendari.com – Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Mengurangi Jumlah pendamping dana desa untuk Sulawesi Tenggara yang Sebelumnya 671 Orang Menjadi 455 Orang,yang berarti terjadi Pemangkasan Jumlah Pendamping Dana Desa Sebanyak 216 Orang.

“Dengan pengurangan itu, maka jumlah pendamping dana desa Sultra tahun 2015 ini hanya sebanyak 455 orang,” kata Kepala Bidang Kelembagaan, Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPM-PD) Sultra Jaya Bhakti di Kendari, Jumat.

Ia mengaku Bingung dengan kebijakan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal yang mengurangi jumlah tenaga pendamping dana desa di Sultra tersebut.

Menurutnya dengan adanya pengurangan tersebut dikhawatirkan Para Pendamping Dana Desa akan Kesulitan mendampingi Para Kepala Desa yang jumlahnya mencapai 1.820 Orang.

“Semua pihak mengharapkan para kepala desa dapat menggunakan dana desa secara efektif dan tempat sasaran dengan pelaporan penggunaan dana yang akuntable dan transparan,” katanya.

Dengan jumlah tenaga pendamping dana desa yang hanya 455 orang dimana setiap satu tenaga penamping mendampingi empat orang kepala desa, maka sangat sulit bagi mereka untuk mengarahkan atau membimbing kepala desa secara tepat dan efektif.

Apalagi Jika jarak Antara Satu desa dengan desa yang lain berjauhan atau dipisahkan oleh laut maka tenaga Pendamping Akan kerepotan melakukan pendampingan.

“Kalau jarak antara satu desa dengan desa lainnya tidak terlalu jauh, maka satu tenaga pendamping yang mendampingi empat desa tidak masalah,” katanya.

Pihaknya berharap Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dapat menambah kembali jumlah tenaga pendamping desa di Sultra, Sehingga Para Kepala desa mendapatkan pendampingan yang baik dan efektif.
(SK/ANT)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.