Ini Tradisi Warga di Kendari Sambut Tahun Baru Islam

0

SUARAKENDARI.COM-Beragam cara warga menyambut perayaan  Tahun Baru Islam. Oleh sebagian warga di Kota Kendari khususnya warga bugis makassar menyambut dengan membeli alat-alat rumah tangga khususnya tempat air seperti seperti baskom, ember dan gayung air. Mereka mempercayai tahun baru atau 1 muharram waktu yang baik untuk membeli keperluan rumah tangga.

“Ini sudah tradisi setiap tahun, tepat 1 muharram pintu rezeki terbuka lebar, karena itu saya dan keluarga sering membeli keperluan rumah tangga khususnya baskom dan timba (gayung air),”kata Ani, warga Jl Edi Mokodompit, Kelurahan Kambu, Kota Kendari.

Ibu lima anak ini mengaku tradisi beli gayung air sudah dilakukan sejak lama, bahkan sudah turun temurun di keluarganya yang merupakan beretnis bugis sinjai, sulawesi selatan. “Ini sudah turun temurun, bahkan keluarga kami di selatan (sulsel, red)  sejak dulu melakukan tradisi ini,”ujarnya.

Hal yang sama dilakukan Ramlah, warga Kelurahan Korumba Mandonga yang mengaku menyambut Bulan muharram dengan berbelanja kebutuhan rumah tangga. Selain membeli alat dapur Ramlah juga menyediakan acara makan kue bersama keluarga. “Biasanya buat kolak pisang dan onde-onde. Ini menjadi kebiasaan kelaurga kami menyambut muharram,”ujarnya.SK

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.