Inflasi Kota Kendari 0,94 Persen

0

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara (Sultra) merilis inflasi Kota Kendari pada Juni 2014 yakni sebesar 0,94 persen. Demikian dikatakan Kepala Bidang Statistik BPS Sultra, Wa Salima di Kantor BPS Sultra, Selasa (1/7/2014).

“Kita mencatat inflasi Kota Kendari pada Juni 2014 yakni sebesar 0,94 persen, sementara untuk inflasi tahun kelender dari Januari hingga Juni yakni 0,51 persen, sementara year on year yakni 4,21 persen,” jelasnya.

Ia mengatakan bahwa dari 82 kota yang mencatat Indeks Harga Konsumen (IHK), 76 kota mengalami inflasi dan hanya enam kota saja yang mengalami deflasi.

“Untuk inflasi tertinggi terjadi di Kota Ternate sebesar 1,29 persen dan Cilacap sebesar 1,07 persen. Sementara inflasi terendah terjadi di Tual sebesar 0,06 persen, adapun deflasi terbesar terjadi di Maumere dan Singaraja masing-masing 0,72 persen dan 0,61 persen,” katanya.

Beberapa komoditas bahan makanan menjadi penyumbang terjadi inflasi dan deflasi pada Juni 2014. Komoditas penyumbang inflasi antara lain, cakalang, kangkung, layang, bawang merah, rambe, teri, minyak goreng, jantung pisang, cumi-cumi dan ekor kuning.

Sementara komoditas penyumbang deflasi antara lain, telepon seluler, pisang, beras, apel, daun pakis, papan, sabun detergen, pepaya, semen dan lemari makanan. (LINA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.