Gubernur Harap Perbankan Tidak Pelit

0

SUARAKENDARI.COM-Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam meminta kepada bank-bank skala kecil khususnya bank umum agar tidak pelit apalagi pilih kasih terhadap pemberian modal usaha pada kredit usaha mikro.

“Justru para pengusaha kecil di daerah yang harus diberi bantuan modal, sebab tanpa mereka pergerakan perekonomian di daerah pun akan lambat,” kata gubernur saat memberi pengarahan sekaligus membuka Rapat kerja nasional (Rakernas) dan Seminar Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (PERBARINDO) di Kendari, Senin.

Gubernur mengatakan, diakui atau tidak keluhan yang dialami para kelompok usaha kecil di daerah baik itu pada usaha pertanian dalam arti luas, perikanan (nelayan) dan perkebunan sulit untuk memperoleh bantuan kredit terutama menyangkut jaminan serta agunan yang tidak semua dimiliki para usaha kecil.

Oleh karena itu, kata gubernur dengan momentum Rakernas Perbarindo dapat semakin memberikan dorongan guna memperkokoh Perbarindo dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam mendukung kelancaran pembangunan serta kesejahteraan masyarakat, secara nasional dan terkhusus bagi masyarakat Sultra.

“Saya berharap melalui Rakarnas Perbarindo dapat melahirkan dan membuat kesepakatan nasional dimana BPR yang ada di Sultra dan BPR se Indonesia kedepan membantu para nelayan dalam hal permodalan dalam rangka mendukung program pemerintah khusus program kemaritiman,” ujarnya.

Pemprov Sultra menyadari bahwa jumlah BPR tidak seberapa banyak bila dibanding dengan daerah lain di Pulau Jawa, Bali dan Sumatera. Namun BPR yang ada di Sultra khususnya BPR Bahteramas baru mulai beroperasi awal tahun 2011 dengan tujuh BPR.

Di akhir tahun 2014, lanjut gubernur dua periode itu mengatakan, telah berdiri lima BPR sehingga BPR Bahteramas hingga sekarang berjumlah 12 BPR. Namun demikian jumlah BPR dan BPR Syariah yang beroperasi di Sultra hingga kini sebanyak 17 BPR dan BPRS.

Sebelumnya, Ketua Umum Perbarindo Joko Suyanto mengatakan rasa terima kasih kepada BPR Sultra melalui gubernur Sultra atas penyelenggara seminal nasional dan Rakernas Perbarindo 2015 dan expo UMKM yang dinilai cukup sukses tersebut.

Rakernas yang berthemakan “Mendorong Komitmen industri BPR/BPRS sebagai pilar UMKM di Indonesia untuk Mewujudkan Ekonomi Beridkari” dihadiri pengurus DPP, DPD, DPK dan anggota Perbarindoa selurubn Indonesia, pemerintah pusat dan daeeah, Otoritas jasa keuangan (OJK), Bank Indonesia.

“Yang pasti bahwa, besar harapan kami pada acara ini mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat khususnya warga Sultra,” ujaranya.

Hadir pada Rakernas Perbarindo diantaranya mewakili Kementeria Koperasi dan UMKM, Dewan Komisioner Otoritas Jasa keuangan (OJK), Ketua DPRD Sultra Abdurahman Saleh dan unsur pengusaha dan perbankan. ANT/SK

Leave A Reply

Your email address will not be published.