Pemkot Kendari Kembangkan Konsep Green Building

0

SUARAKENDARI.COM-Pemerintah Kota Kendari tak pernah berhenti bosan berinovasi menciptakan kota layak huni. Salah satunya dengan meluncurkan konsep “green building” menuju “green city” (kota hijau).Green building atau bangunan hijau digagas untuk mengurangi emisi karbon dan konsumsi energi bangunan, menghemat sumber daya air, mengurangi efek gas rumah kaca dan menghemat biaya usaha.

Menurut Wali Kota Kendari DR. Ir. H. Asrun MEng,sc tujuan utama dari penerapan bangunan hijau tersebut untuk mengurangi dampak lingkungan terhadap kesehatan manusia. Selain itu, demi menciptakan lingkungan alam yang sehat dan menghasilkan oksigen yang sehat yang dibutuhkan manusia secara berkelanjutan.

Manfaat dari bangunan hijau hanya dapat dicapai melalui upaya bersama dari para pembuat kebijakan dan sektor swasta serta para pemangku kepentingan di kota ini.

“Dibutuhkan kerjasama yang baik dari seluruh stakeholder untuk ikut mendukung program bangunan hijau. Untuk itu ada insentif bagi masyarakat dan pengembang yang menerapkan konsep bangunan hijau,”kata Asrun.

Tak dapat dipungkiri perkembangan dan pertumbuhan penduduk kota Kendari saat ini kian padat. Nah, bila ketersediaan oksigen di kota ini tidak diinovasi maka ke depan bukanlah hal yang mustahil Kendari akan kekurangan oksigen dan dipastikan suhu di kota ini akan meningkat dan berdampak pada ketidaknyamanan warga. SK

Leave A Reply

Your email address will not be published.