Fantastis Penyusutan Luasan Hutan Mangrove di Teluk Kendari

0

Suarakendari.com-Keberadaan  hutan mangrove yang berada di sepanjang teluk kendari dari tahun ke tahun  kian kritis, seiring maraknya aksi penjarahan lahan di wilayah tersebut.

Dari data yang diperoleh Suarakendari.com, tergambar cukup fantastis areal hutan mangrove di teluk kendari  yang menyusut.   Pada tahun 1960 luas vegetasi hutan mangrove teluk kendari mencapai 543,58, Ha. Dalam kurun waktu tiga dekade jumlah tersebut  mengalami penyusutan cukup besar, yakni tersisa 69,8 ha  di tahun 1995. Ironisnya  di tahun 2005  jumlah luasan mangrove kembali turun  hingga tersisa sekitar 40% dan pada tahun 2011 luas kawasan hutan mangrove di Teluk Kendari diperkirakan tersisa kurang lebih 20 persen saja.

Ada banyak faktar yang menyebabkan berkurangnya luas hutan mangrove, antaralain paradigma pemerintah dalam melaksanakan pembangunan maupun pertumbuhan masyarakat yang semakin meningkat. Faktor-faktor tersebut diatas kemudian berdampak pada luasan teluk yang semakin sempit juga pendangkalan disebabkan adanya sedimentasi. Perubahan ini kemudian mengancam eksistensi Teluk Kendari.

Seperti diketahui, hutan mangrove atau green belt dari kawasan pesisir teluk Kendari mempunyai fungsi
ekologis yang cukup  vital sebagai penyeimbang ekosistem di kawasan teluk. Selain itu berfungsi sebagai pelindung daerah pantai serta fungsi sosial ekonomi dalam mensejahterakan masyarakat.

Sejak lama, hutan mangrove ini merupakan bagian dari ruang terbuka hijau. Menyadari hal itu, pemerintah Kota Kendari berupaya menyelamatkan hutan mangrove yang tersisa dengan membangun pusat laboratorium alam serta menjadi area pariwasata mangrove dan penelitian bagi ilmuwan.

“Dengan membangun pusat laboratorium alam dan area wisata, kawasan mangrove bisa terselamatkan,”kata Wali Kota Kendari, DR Ir H Asrun MEng. Menurutnya, perlu ada tindakan nyata menyelamatkan sisa kawasan hutan  yang ada dan salah satunya adalah membangun isiatif bersama seluruh pihak demi kelestarian teluk kendari. SK

Leave A Reply

Your email address will not be published.