Ini Tradisi Warga di Kendari Sambut Tahun Baru Islam

SUARAKENDARI.COM-Beragam cara warga menyambut perayaan  Tahun Baru Islam. Oleh sebagian warga di Kota Kendari khususnya warga bugis makassar menyambut dengan membeli alat-alat rumah tangga khususnya tempat air seperti seperti baskom, ember dan gayung air. Mereka mempercayai tahun baru atau 1 muharram waktu yang baik untuk membeli keperluan rumah tangga.

“Ini sudah tradisi setiap tahun, tepat 1 muharram pintu rezeki terbuka lebar, karena itu saya dan keluarga sering membeli keperluan rumah tangga khususnya baskom dan timba (gayung air),”kata Ani, warga Jl Edi Mokodompit, Kelurahan Kambu, Kota Kendari.

Ibu lima anak ini mengaku tradisi beli gayung air sudah dilakukan sejak lama, bahkan sudah turun temurun di keluarganya yang merupakan beretnis bugis sinjai, sulawesi selatan. “Ini sudah turun temurun, bahkan keluarga kami di selatan (sulsel, red)  sejak dulu melakukan tradisi ini,”ujarnya.

Hal yang sama dilakukan Ramlah, warga Kelurahan Korumba Mandonga yang mengaku menyambut Bulan muharram dengan berbelanja kebutuhan rumah tangga. Selain membeli alat dapur Ramlah juga menyediakan acara makan kue bersama keluarga. “Biasanya buat kolak pisang dan onde-onde. Ini menjadi kebiasaan kelaurga kami menyambut muharram,”ujarnya.SK

Ini Amalan dibulan Muharram, yang sebaiknya Anda Tahu

Tahun Baru Islam telah tiba, Umat Muslim Patut bergembira dengan kembali dipertemukanya Bulan Pertama pada Tahun Hijriyah ini. Karena Bulan Muharram merupakan Ladang pahala dan amal bagi orang orang yang beriman. Memulai awal tahun dengan ketaatan, agar pasti dalam melangkah dan menatap masa depan dengan optimis.

Abu Utsman an-Nahdi mengatakan: “Adalah para salaf mengagungkan tiga waktu dari sepuluh hari yang utama: Sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah dan sepuluh hari pertama bulan Muharram”.

Berikut ini amalan-amalan sunnah yang dianjurkan dilakukan dibulan Muharram:

1. Puasa Sunnah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ

Puasa yang paling afdhol setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah al-Muharram.

Hadits ini sangat jelas sekali bahwa puasa sunnah yang paling afdhol setelah Bulan Suci Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram. Maksud puasa disini adalah puasa secara mutlak. Memperbanyak puasa sunnah pada bulan ini, utamanya ketika hari ‘Asyura (10 Muharram).

Namun tidak boleh berpuasa pada seluruh hari pada bulan Muharram, karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah berpuasa sebulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata: “Ini adalah puasa yang paling afdhol bagi orang yang hanya berpuasa pada bulan ini saja, sedangkan bagi yang terbiasa berpuasa terus pada bulan lainnya yang afdhol adalah puasa Daud”.

2. Memperbanyak Amal Saleh

Sebagaimana perbuatan dosa pada bulan ini akan dibalas dengan dosa yang besar maka begitu pula perbuatan baik. Bagi yang berbuat amal saleh pada bulan ini ia akan mendapat pahala yang besar sebagai kasih sayang dan kemurahan Allah SWT kepada para hambanya.

Ini adalah keutamaan yang besar, kebaikan yang banyak, tidak bisa dikiaskan. Sesungguhnya Allah adalah pemberi nikmat, pemberi keutamaan sesuai kehendaknya dan kepada siapa saja yang dikehendaki. Tidak ada yang dapat menentang hukumnya dan tidak ada yang yang dapat menolak keutamaanNya.

3. Taubat

Taubat adalah kembali kepada Allah SWT dari perkara yang Dia benci secara lahir dan batin menuju kepada perkara yang Dia senangi. Menyesali dosa yang telah diperbuat, meninggalkan seketika itu juga dan bertekad untuk tidak mengulanginya kembali. Taubat adalah tugas seumur hidup.

Maka kewajiban bagi seorang muslim apabila terjatuh dalam dosa dan maksiat untuk segera bertaubat, tidak menunda-nundanya, karena dia tidak tahu kapan kematian akan menjemput. Dan juga perbuatan jelek biasanya akan mendorong untuk mengerjakan perbuatan jelek yang lain. Apabila berbuat maksiat pada hari dan waktu yang penuh keutamaan, maka dosanya akan besar pula, sesuai dengan keutamaan waktu dan tempatnya. Maka bersegeralah bertaubat kepada Allah.(muslim.or.id)

Jemaah Haji Asal Bombana Meninggal Dunia

Suarakendari.com, Kendari – Jumlah Jemaah Haji Indonesia Asal Sulawesi Tenggara yang meninggal dunia di Arab Saudi, kembali Bertambah. Jemaah haji tersebut diketahui Bernama Maddu Binti Lapang (64), Asal Kabupaten Bombana, dari Kloter 21 Ujung pandang.

Almarhummah Meninggal dunia Pada hari Kamis 1 Oktober 2015, Pukul 05.05 Waktu Arab Saudi Akibat terkena serangan Jantung. Kini Jenazah Korban telah dimakamkan di pemakaman Umum setempat.

” Almarhumah meninggal usai melakukan tawaf Ifadah, mungkin dia kelelahan”, Kata Ali Irfan,

Saat ini total jemaah haji yang meninggal dunia di arab saudi berjumlah tiga orang.

Kata Irfan, Jemaah Haji Sultra kini tengah menyelesaikan tahapan ibadah haji dan dijadwalkan pulang ketanah air pada tanggal 19 /20 dan 21 oktober mendatang .

“Tragedi Mina” , 45 Jemaah Indonesia Meninggal Dunia dan 82 Hilang

Suarakendari.com – Dilaporkan sekitar 82 Jemaah Haji asal indonesia hingga kini belum kembali ke pemondokan di mekkah. Padahal prosesi lempar jurah di jamarat sudah berakhir sejak minggu sore lalu. Pemerintah indonesia masih melakukan pencarian terhadap jemaah haji indonesia yang hilang pasca tragedi di Jalan 204, Mina, kamis 24 september 2015.

[Baca Juga : Jemaah Haji Sultra Aman dari Tragedi Mina]

Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag), Abdul Djamil memastikan, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) terus menelusuri di Muashim dan sejumlah rumah sakit atau klinik serta maktab-maktab.

“Tim bekerja siang dan malam mencari jamaah yang masih belum diketahui keberadaannya dan mengidentifikasi jenazah yang telah diketahui meninggal dunia,” ujarnya.

Sementara itu Arsyad Hidayat, Kepala Daerah Kerja Mekkah menyatakan jumlah jamaah yang belum kembali ke maktab itu menurun delapan orang. Dimana sebelumnya, PPIH Arab Saudi mencatat 90 orang Jemaah Haji yang belum kembali.

Selanjutnya terjadi pengurangan delapan jamaah seiring dengan terindentifikasinya sebagian korban jamaah Indonesia yang meninggal dan dirawat di rumah sakit Arab Saudi (RSAS).

Adapun Jemaah Asal Indonesia yang hingga kini belum diketahui keberadaannya, terdiri dari kloter 14 Batam (BTH) sebanyak 8 orang atau sama dengan data sebelumnya. Sedangkan 14 jamaah dari kloter 48 Surabaya (SUB) masih belum kembali ke pemondokan.

Tim PPHI kembali menemukan seorang jemaah kloter 48 SUB meninggal dan dua lainnya dirawat. Sehingga  Jumlah tersebut berkurang tiga orang dari data sebelumnya.

Sedangkan kloter 61 Jakarta-Bekasi (JKS) jumlah jamaah yang hilang 46 orang, atau berkurang dua orang dari data sebelumnya. Hal ini karena seorang jamaah dinyatakan resmi meninggal dan seorang sedang menjalani perawatan.

Sebanyak lima jamaah kloter 10 Ujungpandang (UPG) juga belum kembali ke pemondokan atau berkurang dua orang dari data sebelumnya setelah seorang jamaah dinyatakan meninggal dan seorang masih menjalani perawatan.

Sementara, tujuh jamaah haji kloter 62 Solo (SOC) juga tak diketahui kondisinya karena belum pulang ke pemondokan. Terakhir kloter 36 Surabaya (SUB) masih menanti dua orang jamaah yang juga tak diketahui kondisinya.

Data sebelumnya ada tiga jamaah yang belum ditemukan. Namun kemarin, seorang di antaranya sudah ditemukan meninggal dunia. Total hingga kemarin dini hari, jumlah jemaah haji Indonesia yang wafat mencapai 41 orang.

Sedangkan yang dirawat sepuluh orang. Perinciannya, sebanyak 17 jamaah haji kloter 61 Jakarta-Bekasi meninggal dan tiga dirawat. Sedangkan tujuh jamaah kloter 48 Surabaya meninggal dan dua dirawat.

Kloter jamaah kloter 14 Batam lima meninggal dan tiga dirawat. Jamaah kloter 10 Ujungpandang tiga meninggal dan seorang dirawat. Sedangkan jamaah kloter 62 Solo dan kloter 61 Surabaya masing-masing kehilangan dua orang jamaahnya.

Sedangkan kloter yang teridentifikasi satu jamaahnya meninggal karena tragedi Mina yakni kloter Banjarmasih 1 (BDJ), kloter 5 Balikpapan (BPN), kloter 4 Batam (BTH), kloter 29 Solo (SOC), kloter 36 Surabaya (SUB). Sedangkan seorang jamaah dari kloter 7 Medan (MES) masih dirawat di rumah sakit Arab Saudi.

Selain itu, ada empat mukimin yang turut jadi korban. Mukimin terakhir yang ditemukan adalah Rumiati binti Nomo alias Aminah, yang beralamat di Desa Kalipare, RT 03/03 Kecamatan Kalipare, Arjowilangun, Malang. Diduga Rumiati merupakan haji backpacker karena pergi berhaji tanpa terdaftar di agen travel resmi manapun.

Konjen RI di Jeddah, Dharmakirty Syailendra Putra menjelaskan bahwa pihaknya sudah menghubungi keponakan Rumiati yang tinggal di Jeddah. Informasi dari keponakannya itu diketahui bahwa Rumiati sudah lama bekerja di Arab Saudi.

“Paspornya masih berlaku, namun belum diketahui apakah memiliki iqamah atau surat izin tinggal atau tidak. Sehingga total ada 45 warga negara Indonesia yang menjadi korban,” pungkasnya. (Sindonews.com)

Selasa, Jemaah Haji Plus Asal Sultra Tiba di Kendari

Suarakendari.com-Rombongan haji plus sejumlah travel di Sulawesi Tenggara dijadwalkan tiba di Kota Kendari, Selasa 29 September 2015.

Hal ini disampaikan Mutmainah, pengelola Travel Haji Ananda Nurul Haromain.”InsyaAllah direncanakan tiba hari selasa,”katanya pada sejumlah wartawan tanpa merinci jam tiba pàra jamaah. Pada kesempatan itu Mumainah mengaku selama musim haji anggota jamaah tidak ada yang mengalami musibah. Ia memastikan anggota jemaah hajinya lengkap dan tidak satupun menjadi korban tragedi mina.”Alhamdulillah semua sehat. Tidak ada jemaah yang hilang kontak dan menjadi korban tragedi mina,”ujarnya.

Sejak musibah pertama krane mekah beberapa minggu lalu pengelola travel selalu berkomunikasi dengan rombongan jemaah dan memastikan kondisi mereka aman dan sehat.

“13 orang jemaah haji non reguler Ananda Nurul Haromain dinyatakan sudah melaksanakan rukun ibadah haji,”kata Mutmainah. YJ

Ternyata Ini Alasan Pria Diharamkan Mengenakan Emas

Emas merupakan salah satu logam mulia yang memiliki nilai yang tinggi, sehingga emas banyak digunakan baik pria maupun wanita untuk mempercantik dan memperindah penampilan.

Namun tahukah anda, jika dalam syariat islam ternyata emas haram digunakan bagi kaum pria dan hanya diperbolehkan digunakan bagi kaum wanita? Hal tersebut berdasarkan Hadist Sahih dibawah ini

عَنْ أَبِي مُوسَى أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أُحِلَّ الذَّهَبُ وَالْحَرِيرُ لِإِنَاثِ أُمَّتِي وَحُرِّمَ عَلَى ذُكُورِهَا

“Dari Abu Musa, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Emas dan sutra dihalalkan bagi para wanita dari ummatku, namun diharamkan bagi para pria’.” (HR. An Nasai no. 5148 dan Ahmad 4/392. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Sedangkan secara khusus mengenai cincin emas terjadi ijma’ (kesepakatan) para ulama dalam hal ini akan haramnya. Hal ini berdasarkan hadits riwayat Al Bukhari dan selainnya,

نَهَى عَنْ خَاتَمِ الذَّهَبِ

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang cincin emas (bagi laki-laki)”. (HR. Bukhari no. 5863 dan Muslim no. 2089). Sudah dimaklumi bahwa asal larangan adalah haram.

Berdasarkan Hadist diatas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menegaskan bahwa Emas dan Sultra hanya diperbolehkan digunakan bagi kaum wanita, namun diharamkan bagi kaum pria.

Perhiasan sangat identik digunakan  oleh kaum wanita, namun dewasa ini semakin banyak kaum pria yang ikut ikutan menghias diri layaknya seorang wanita, padahal dalam islam jelas jelas ditegaskan allah sangat melaknat seorang laki laki yang menyerupai perempuan dan begitu juga sebaliknya.
عن ابن عبّاس رضي الله عنه قال: لعن رسول الله صلّى الله عليه وسلّم المتشبّهين من الرجال بالنّساء والمتشبّهات من النّساء بالرجال -رواه البخاري

Dari Ibnu ‘Abbas RA, ia berkata, “Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi Wasallam mela’nat orang laki-laki
yang menyerupai wanita dan para wanita yang menyerupai laki-laki”. [HR. Bukhari]

Berdasarkan Penjelasan secara ilmiah dari para ahli fisika ternyata ditemukan fakta bahwa emas dapat menembus kulit. Alasanya karena Apabila laki-laki mengenakan perhiasan emas, maka atom emas akan masuk ke dalam darah. Jika menumpuk dalam waktu lama di dalam darah maka akan menimbulkan penyakit alzheimer. Apa itu alzheimer ? yaitu suatu penyakit yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami penurunan kemampuan fisik dan mental, salah satu efek yang terasa yaitu mengalami penurunan daya ingat sehingga mudah sekali lupa.

Sementara wanita tidak mengalami efek yang sama seperti pada laki laki, karena perempuan mengalami siklus menstruasi setiap bulan, jadi darah keluar dan timbunann atom emas pun ikut terbuang.

Sebagai Umat islam yang taat maka sepatutnyalah kita selalu berpedoman pada Alquran dan Hadist dalam kehidupan kita sehari-hari, dan tidak mengadopsi budaya budaya yang melenceng dari ketetapan dalam syariat islam.

 

 

Korban Tewas Tragedi Mina 717 Orang

Suarakendari.com-Jumlah korban tewas pada tragedi mina saat prosesi lempar jumrah terus meningkat. Berdasarkan keterangan Direktorat Pertahanan Arab Saudi melalui akun Twitter resmi mereka jumlah korban mencapai 717 orang dan korban luka terus bertambah menjadi 805 orang.

Peristiwa berdarah ini bermula saat sebagian jamaah haji dilanda rasa panik . Berdasarkan keterangan otoritas setempat, kepanikan tersebut muncul saat salah seorang jamaah terjatuh dari jembatan yang menghubungkan tenda jamaah dengan lokasi lempar jumrah. Kepanikan semakin membesar setelah sebagian orang kembali terjatuh dan terinjak-injak sehingga menyebabkan banyak korban tewas.

“Kami berusaha untuk mencegah kejadian tersebut berulang, namun nyatanya ini semua kehendak Tuhan,” ujar Menteri Haji Arab Saudi Iyad Madani said dilansir dari Daily Pakistan.

Adapun lokasi tragedi tersebut merupakan area dua jalur menuju Mina tempat pilar batu tempat melempar jumrah terletak.Mina, terutama terowongan Mina adalah tempat yang patut diwaspadai selama musim haji. Tidak sekali ini saja kecelakaan, musibah, tragedi terjadi di sini.

Tragedi terbesar Terowongan Mina terjadi pada 2 Juli 1990. Dilaporkan 1.426 jemaah haji meninggal selama karena berdesak-desakan dan terinjak dalam terowongan Al Maaisim. Terowongan itu menghubungkan Mekkah ke Mina dan Arafat. Peristiwa ini dikenal dengan tragedi terowongan Mina.Sementara itu, jumlah korban luka dalam insiden itu juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sebelumnya, dilaporkan bahwa jumlah korban luka sebanyak 719 orang, kali ini jumlah korban luka meningkat menjadi 863 orang.
 
Salah satu rival Saudi, Iran dengan tegas menyebut insiden ini disebabkan oleh kelalaian pemerintah Saudi. Kepala Organisasi Haji Iran, Said Ohadi mengatakan, tanpa alasan yang jelas pemerintah Saudi menutup dua dari lima gerbang menuju lokasi lempar jumrah, yang dinilai sebagai penyebab tragedi ini.
 
”Insiden hari ini menunjukkan salah urus dan kurangnya perhatian serius terhadap keselamatan jamaah. Tidak ada penjelasan lain. Para pejabat Saudi harus bertanggung jawab,” ujarnya. SK/CNN/SINDO

Info Korban Tragedi Mina, Banyak Informasi Menyesatkan

Suarakendari.com – Kepala Daker Mekkah Arsyad Hidayat memastikan bahwa informasi yang tersebar melalui pesan berantai dimana menyebutkan korban Tragedi Mina mencapai 32 orang berikut daftar namanya adalah tidak benar dan meyesatkan.

“Mohon agar informasi terkait pemberitaan tersebut segera ditarik dan tidak disebarluaskan” tegas Arsyad, Kamis (24/09).

Selain itu, ada juga informasi yang menyebutkan korban mencapai angka 39 orang. Itupun dipastikan Arsyad sebagai informasi yang tidak benar dan menyesatkan.

“Mohon kerjasama seluruh media untuk tidak memberitakan hal tersebut.  Update  informasi terkait Peristiwa Mina, silahkan komunikasikan dengan  media center haji,” jelasnya.

Selain itu arsyad juga mengatakan, Seperti diberitakan metrotvnews.com bahwa jalur 204 yang menjadi lokasi terjadinya tragedi mina merupakan jalur yang tidak biasa dilalui jemaah haji asal indonesia yang tinggal di mina jadid,  Jalan yang biasa mereka gunakan adalah jalan King Fahd. Jalan Arab 204 terletak di sebelah kiri Jalan King Fahd.

Subhanallah, Ini Foto Menakjubkan Haji tahun 1953

Melihat sekilas tentang bagaimana rasanya melaksanakan Ibadah Haji pada tahun 1953. Meskipun sudah lebih dari 60 tahun yang lalu, banyak perubahan terutama karena Peningkatan jumlah Jemaah yang melaksanakan ibadah haji.

jemaah haji tiba di ferry jeddahBanyak peziarah yang melakukan perjalanan ke Makkah melalui feri atau kapal, pada masa itu penerbangan udara komersial masih dalam tahap awal dan tidak secara luas tersedia seperti saat ini.

jemaah haji tiba dari pesawat jeddahUntuk Mereka yang mampu membayar, mereka akan memulai rencana perjalanan mereka dari negara terdekat.

bus untuk hajiSeperti saat sekarang, pemandu dan bus akan digunakan untuk mengangkut jamaah dari berbagai tempat.

hanya muslimMuslim hanya diperbolehkan untuk memasuki tempat-tempat untuk melakukan ibadah haji.

mekkahRumah dan hotel dapat dilihat di luar perbatasan masjid suci itu. Banyak dari bangunan bersejarah ini harus dibongkar untuk membuat jalan bagiini bangunan bersejarah Apakah harus dibongkar untuk memberi ruang bagi perluasan mesjid.

kota mekkahSebuah jalan yang sibuk di Makkah. Gaya menara Ottoman dapat dilihat mirip menara diturki.

masjid-haram-entranceSalah satu pintu masuk ke Masjid Al Haram.

haramPara Jemaah di luar pintu masuk Masjid

masjid-haramKa’bah dan daerah Mataf. Tidak ada lantai yang mendukung mereka.

kaba-matafPenutup tampilan Ka’bah.

kaba-doorPara Jemaah Apakah Juga Bisa memasuki Ka’bah.

tawafSangat Mudah melakukan Tawaf, Tidak seramai seperti saat ini

marketPasar dan warung dekat masjidil haram

market-2

shisha

female-pilgrim-pallenquinKuda dan kereta ketika Digunakan sebagai Sarana transportasi.

choosing-animalPeziarah ketika Mampu memilih hewan Mereka Dicari Udhiyyah / Qurbani.

animalsJemaah Haji akan menjaga mereka Selama ternak mereka Dengan haji mereka.

donkeyKetika Keledai digunakan untuk mengangkut daging hewan kurban.

cooking-at-minaDi Mina, makanan akan dimasak menggunakan api dan kompor.

pilgrims-prayUnta Unta mereka didekat Jamaah Haji yang sementara Sholat

arafahTenda yang terpasang terlihat di tepi gunung Arafah di Arafah

jamarahLempar Jumrah

shaving-hairSeorang Jemaah Haji yang rambutnya dicukur

cokeJemaah Haji dengan tenang meminum es

Foto : Courtesy National Geographic Magazine

Muhammadiyah Gelar Shalat Idul Adha Rabu Besok

Suarakendari.com-Organisasi Islam Muhammadiyah di jadwalkan melaksanakan shalat idul adha 1436 hijriyah pada Rabu, 23 september 2015. Bahkan, tiga lokasi di Kota Kendari telah disiapkan menjadi tempat pelaksanaan shalat. di antaranya Masjid Al Mukminin depan lapangan benu benua, lokasi Panti Asuhan Muhammadiyah dan di area kampus Universitas Muhammadiyah Kendari.

Di Universitas Muhammadiyah Kendari, menurut pengurus Muhammadiyah Sulawesi Tenggara Abdullah Al –Hadzah , seluruh persiapan shalat idul adha tengah dirampungkan.

Sesuai agenda, khatib idul adha akan dibawakan oleh Hinaludin Hanapi dan imam shalat akan dipimpin Wakil Pengurus Muhammdiyah Sultra, Muhammad Alipudin.

Pelaksanaan Idul Adha tahun 2015 berbeda dengan jadwal yang di tetapkan pemerintah tanggal 24 september.
Meski demikian, perbedaan yang terjadi tidak untuk diperdebatkan. YJ