DPRD Mulai Bahas Rencana DOB Kabupaten Poleang

0

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM-Pasca merekomendasikan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) untuk Kabupaten Kepulauan Kabaena tahun 2013 lalu. DPRD Kabupaten Bombana kembali mengupayakan satu pembentukan DOB lagi diwilayah Kabupaten Bombana yakni pembentukan Kabupaten Poleang.

Dalam rapat antar fraksi Senin kemarin (22/12), DPRD Kabupaten Bombana mulai mengkaji proposal usulan pembentukan DOB Kabupaten Poleang

“Rapat bertujuan untuk meninjau, mempelajari atau menyempurnakan proposal usulan DOB Kabupaten Poleang di tataran antar fraksi,” pungkas Ahmad Mujahid Wakil Ketua DPRD Bombana.

Beberapa tambahan yang disempurnakan DPRD dalam data proposal DOB Poleang tersebut diantaranya, data Jenis usaha industri rumah tangga, Rentang kendali antara rencana ibukota antara ibukota Kabupaten Induk dengan yang dimekarkan, cakupan dan peta wilayah serta gambaran batasan dengan kabupaten lain di Sultra.

“Proposal itu diusulkan ke meja DPRD sekitar Juni 2013 lalu. Dewan menilai ada beberapa tambahan data yang harus disempurnakan dalam proposal tersebut,” terang Mujahid.

Politisi asal golkar ini mencontohkan Kecamatan Tontonunu yang sebelumnya tidak dimasukan dalam DOB Poleang, sekarang akan dimasukan. Selain itu, beberapa kreativitas masyarakat, diantaranya VCO (virgin comunity oil) menjadi bagian data tambahan untuk ragaman industri rumah tangga di data proposal tersebut

Rencananya, usai pembahas ditataran antar fraksi, dewan akan memanggil panitia pembantukan DOB Poleang, terkait penyempurnaan proposal tersebut, selanjutnya usulan DOB akan diparipurnakan.

“Dalam waktu dekat, Dewan akan memanggil panitia DOB Poleang terkait penyempurnaan data usulan proposal untuk pembentukan Kabupaten Baru ini,” tukas Mujahid. (DAR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.