DISAYANGKAN, OBYEK WISATA PULAU HARI TERLANTAR

Jika saja dikelola dengan benar, maka Konawe Selatan sebenarnya akan mampu mendulang pundi-pundi uang dari sector pariwisata. Bentang alamnya dipenuhi obyek wisata dari pantai, laut, hutan alam hingga budaya dan adat istiadat menjadikan daerah ini cukup kaya raya.Sayang pengelolaan yang tidak terkosep dengan baik membuat pariwisata daerah ini redup, seolah hidup segan mati tak mau.    Salah satu obyek andalan yang sebenarnya sagat potensial digarap adalah Pulau Hari. Aset pariwisata Konawe Selatan ini sudah dikenal luas, sebagai obyek wisata bahari. Pulau dengan pasir putih ini dikenal sebagai lokasi yang indah dan menjadi salah satu lokasi snorling/dive yang baik mengingat kondisi karangnya yang masih terjaga.Namun disayangkan Pulau Hari dibiarkan terbengkalai, pihak dinas urung mengelolanya. Padahal di atas pulau sudah berdiri sejumlah infrastruktur pendukung wisata, seperti dermaga, villa dan dll.

“Sangat disayangkan pulau ini tidak terkelola dengan baik,”kata Iman, pengunjung wisata.

Potensi Wisata Pulau Hari

Bagi pengunjung pulau hari memang sangat eksotik dan memiliki akses yang cukup dekat dengan Kota Kendari. Betapa tidak, hamparan pasir putih bersih bak karpet melapisi pulau  karang. Saat air surut akan semakin terlihat melingkari pulau. Hari masih begitu pagi saat kaki menjejak pulau yang tak seberapa luas ini. Disini Anda bisa menyaksikan hutan-hutan kecil yang masih alami, sebab pulau ini belum ada sentuhan bangunan modern ataupun bangunan tradisional sama sekali. Disekeliling pulau ini, terdapat beberapa spot atau titik penyelaman, khusus bagi para wisatan pengemar wisata atau olah raga selam atau para diver. Hari Permukaan air yang jernih membuat para pengunjung bisa memandang dengan jelas gugusan karang besar dan kecil yang terdapat di dasar laut..

Sedangkan untuk pengunjung yang hobi dengan diving atau snorkeling, pada kedalaman tujuh hingga delapan meter, beningnya air membuat mata telanjang pun mampu menembus pemandangan taman laut dengan warna-warna yang cantik dan menawan. Terdapat 15 site penyelaman di pulau ini.

Di sekitar site diving, sejumlah ikan yang cantik akan menemani Anda berenang. Beberapa clown fish lucu yang mirip dengan Nemo, banyak dijumpai disini. Adapun jenis ikan Angel. Beberapa jenis ikan yang masuk dalam kategori hampir punah ada di sini, di antaranya ikan Sunu, Kerapu, Sotong, Gurita, Lobster, dan bila beruntung, pengunjung bisa melihat atraksi penyu.

Binatang laut yang tak kalah menarik adalah Kelinci Laut atau biasa dikenal Nudibranch dan Electrik Clamp, bentuknya adalah kerang laut yang mengeluarkan cahaya pada malam hari. Hewan ini bisa dijumpai pada kedalaman enam hingga delapan meter.

Saat ini, ada dua club diving lokal yang setiap hari sabtu hingga minggu intens mengeksporasi tantangan di pulau ini. Sedang untuk wisatawan nasional dan internasional , hampir setiap tahun pasti ada yang berkunjung.

Akses munuju pulu hari, dari kota Kendari, hanya membutuhkan waktu satu jam dengan menggunakan boat yang  banyak terdapat di pelabuhan rakyat  dekat area kompleks Pasar Sentral Kota Lama, Kendari. TM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.