Desa Sumber Sari Moramo Berpotensi Jadi Desa Wisata

0

Suarakendari.com-Dengan ragam potensi sumber daya alam yang dimiliki, Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan dapat berpotensi menjadi desa wisata. Potensi yang dimiliki desa berpenduduk kurang lebih 200 KK ini diantaranya. potensi pertanian sawah dan palawija, perikanan darat dengan ikan air tawar, Kehutanan baik hutan maupun hutan non kayu seperti rotan, madu, anggrek.

Jika terwujud, tentunya, akan sangat berpotensi menggaet minat wisatwan lokal yang selama ini biasa hidup di perkotaan dan beraktifitas di tengah hutan beton dan polusi udara. Mereka dapat merasakan sensasi berwisata di areal persawahan seperti menikmati makan di pinggir sawah. Begitu pula jika saja perikanan darat dikembangkan, maka wisatwan dapat menikmati sensasi memancing ikan air tawar di kolam ikan yang luas, sembari menikmati hidangan ikan bakar ala pedesaan.

Potensi ini kian besar karena Desa Sumber Sari menjadi pintu masuk di area pariwisata air terjun moramo yang dikenal memiliki keindahan tangga airnya, sehingga sangat cocok dikembangkan menjadi sebuah desa wisata. Tak hanya itu, desa yang didiami berbagai etnis ini memiliki ragam budaya dan agama yang dapat dikemas menjadi obyek wisata berbasis etnik.

Kepala Desa Sumber Sari mengaku sangat berharap agar desanya dapat berbenah menjadi salah satu desa yang mengembangkan pariwisata. “Mudah-mudahan kita dapat bekerja sama dengan banyak pihak mendorong terwujudnya desa wisata sumber sari,”ujarnya saat pertemuan dengan sejumlah komunitas wisata dan perguruan tinggi.

Untuk sarana rumah singgah maka desa sumber sari cukup layak mengembangkan homestay mengingat banyaknya rumah warga yang layak huni. Demikian pula potensi sumber daya manusia untuk mengembangkan guide wisata, karang taruna, kelompok sadar wisata sudah cukup memadai. SK

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.