Dana Desa Rp. 400 Miliar akan disalurkan di 1.820 Desa di Sultra

0

Suarakendari.com – Dana desa sebesar 400 miliar lebih akan disalurkan ke 1.820 desa yang tersebar di 186 kecamatan pada 15 Kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kepala Bidang kelembagaan, Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat guna BPMD Sultra, Jaya Bhakti mengatakan  setiap empat desa yang menerima dana tersebut akan didampingi satu pendamping lokal desa.

“Tugas pendamping dana desa hanya mengarahkan atau memfasilitasi kepala desa dalam menggunakan dana desa sehingga penggunaannya sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Sebelum turun kelapangan mendampingi Kepala Desa, para pendamping dana desa terlebih dahulu akan mendapatkan bimbingan Teknik oleh BPM-PD Sultra.

Dengan Adanya bimbingan teknik tersebut, para pendamping diharapkan dapat membimbing atau menuntun para kepala desa dalam menggunakan anggaran dan menyusun pertanggungjawaban dari penggunaan dana tersebut.

“Semula jumlah pendamping dana desa akan direkrut sebanyak 671 orang atau setiap tiga desa satu pendamping,” katanya.

Akan tetapi, kata dia, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal merubah keputusan tersebut dengan menetapkan setiap empat desa hanya didampingi seorang pendamping lokal dana desa.

“Dengan kebijakan itu, maka jumlah pendamping dana desa yang semula sebanyak 671 orang, berkurang sekitar 30 persen,” katanya.(SK/ANT)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.