Dampak Pemadaman Listrik, Tukang Service Elektronik Merana

0

SUARAKENDARI.COM-Rahman (37 tahun) salah satu tukang service AC di Kota Kendari mengaku pasrah menerima kenyataan pemadaman listrik yang terus menerus dilakukan PLN Kendari. Pasalnya, ladang usaha yang sudah tahunan digelutinya mulai tersendat akibat pemadaman listrik.

“Jasa service elektronik seperti AC sangat bergantung pada energi listrik, baik untuk membersihkan maupun saat pengisian freon semua menggunakan listrik. Tapi mau bagaimana lagi listrik terus-terusan padam, bikin usaha service jadi tersendat,”kata Rahman.

Ia bercerita, mendapat pengalaman kurang mengenakkan. “Saat itu saya mendapat panggilan untuk jasa servece AC di wilayah Andonohu, diperjalanan infonya listrik masih menyala, eh pas kami tiba listriknya langsung padam,”kata Rahman.

Kondisi tersebut membuat Rahman dan rekannya “balik kanan”. “Saat ke sana Kami pakai motor, semua peralatan service mau tak mau kami angkut kembali. Bisa dibayang memikul tangga lipat di motor dengan jarak yang lumayan jauh. Kami tidak mungkin menunggu listrik menyala karena waktu padamnya cukup lama,”ujarnya.

Tak hanya Rahman, tukang service elektronik juga banyak mengeluhkan pemadaman listrik. Barang sepeerti televisi, radio dan kulkas menumpuk karena harus menunggu listrik menyala baru dapat diservice.

“Kami berharap pemadaman listrik segera diakhiri karena mau tak mau sangat merugikan usaha kami,”kata Jufri, salah satu tukang service elektronik di bilangan Mandonga. SK

Leave A Reply

Your email address will not be published.