Bupati Bombana Diminta Tindak Aparatur yang Intervensi ADD

0

Gerindra Siap Bikin Posko Pengaduan

BOMBANA-Bupati Bombana H. Tafdil diminta menindak para aparaturnya yang diduga mengintervensi program rencana kegiatan Anggaran Dana Desa (ADD) diwilayah Kabupaten Bombana.

Item program yang sejatinya lahir dari aspirasi masyarakat desa tersebut, dikabarkan telah diintervensi oleh oknum tertentu guna memuluskan masuknya program titipan pejabat, ke masing-masing desa.

“Kepala Daerah itu wajib bersikap atas adanya penyimpangan dalam peruntukan alokasi ADD. Sebab ada desa yang keluhkan, telah di intervensi dalam penentuan item program desa,” pungkas syukur Anggota DPRD Kabupaten Bombana.

Setidaknya, ada tiga program ADD di Bombana yang diduga merupakan program titipan tersebut. Diantaranya, hadirnya program lampu penerangan jalan, Sistem informasi desa, serta perangkat fasilitas pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Ketiga program tersebut telah menyedot anggaran hingga ratusan juta rupiah, dan dialokasikan hampir tiap desa.  Akibatnya, banyak program utama yang fital dibutuhkan masyarakat desa, tidak diakomodir lagi karena masuknya program titipan tersebut.

“Ini temuan dari kunjungan kerja saya ke desa. Mereka mengeluh sebab rencana kerja yang ingin diprogramkan dalam ADD itu, telah diarahkan untuk memprogramkan keinginan oknum tertentu. Cara-cara ini tidak etis dan melanggar UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa itu sendiri,” tutur Syukur

Mantan Kepala Desa Tontonunu ini menegaskan item program di ADD itu normalnya, lahir dari aspirasi masyarakat desa. “Bukan untuk mengendalikan atau mewajibkan harus memprogramkan kemauan di atas. Aturannya itu sangat jelas, makanya kami minta agar persoalan ini lekas disikapi,” pintanya.

Politisi Asal Gerindra ini mewarning jika dalam waktu dekat persoalan itu tidak disikapi, pihaknya akan membentuk posko pengaduan dan siap melaporkan ketimpangan ini ke Gubernur atau langsung ke Kementrian PDT. (DAR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.