Angkat Kearifan Lokal, TNI Sukses Laksanakan TMMD 104 Konawe

Suarakendari.com-Ada tiga sendi local wisdom (kearifan lokal), yang diangkat TNI menjadi pijakan mendasar dalam melaksanakan kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-104 di Konawe, Sulawesi Tenggara.

“Kami mencoba mewujudkan konsep local wisdom seperti Mandau (bertani), Walaka (beternak) dan Aepe (membuat kolam ikan) yang merupakan tiga sendi kearifan lokal di Konawe ini. Wujudnya adalah peningkatan jalan desa dan JUT (Jalan Usaha Tani), renovasi tempat ibadah dan tentunya totalitas kami dalam melakukan IB (Inseminasi Buatan),” kata Dansatgas TMMD 104 Konawe, Letkol Cpn Fajar LH Wijaya (Senin, 25/03/2019).

Dengan 5 orang Babinsa (Bintara Pembina Desa) yang mampu melaksanakan IB secara mandiri, tingkat IB dapat dinaikkan sampai 200%. “Target 240 sapi IB, sudah terlaksana hari ini”, jelas Dansatgas.

Konsep kearifan lokal yang diambil sebagai nilai generik, tidak saja dilakukan TNI dalam pekerjaan-pekerjaan fisik, namun juga diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari bersama warga. Prajurit TNI ikut membantu warga dengan menjadi guru ngaji anak-anak, termasuk ikut membantu pekerjaan sehari-hari warga dimana mereka tinggal.

Hal ini memberikan kesan yang sangat mendalam dalam hati masyarakat, yang menjadi kunci sukses pelaksanaan TMMD kali ini.

“Kami sangat terkesan sekali dengan kehadiran bapak-bapak TNI di desa kami ini. Alhamdulillah, menyatu dan memberikan manfaat yang nyata. Kalau kami sendiri, maunya TMMD ini jangan berakhir dulu,” ujar Yasinan Kariadi, Kepala Desa Nario Indah. 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.