AKTIFITAS TAMBANG BATU RUSAK PARIWISATA PANTAI SENJA

0
Kegiatan pertambangan batu gunung telah merusak sebagai area wisata di pantai senja. foto: yoshasrul

Pulau senja adalah destinasi wisata di wilayah administrasi Desa Wawatu, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan. Tempatnya yang tidak terlalu jauh dari kota kendari dan transportasi yang mudah menjadikan Pulau Senja jadi Destinasi weekend favorit banyak traveler. Hanya berjarak sekitar 50 km dari kota Kendari dan dapat di tempuh dengan perjalanan darat, naik motor atau menaiki mobil selama 45 menit.

Bagi orang-orang di sekitar Kota Kendari tempat ini tentu menjadi salah satu destinasi yang rekomended, pulau senja punya pantai dengan pasir putih yang cantik, punya struktur batu cadas bak candi di atas laut, punya area untuk snorkeling dan kaya akan biodiversity yang dapat kamu temukan di sana.

Selain waktu dan transportasi yang mendukung tentu dari segi budget tidak terlalu menguras dompet, dengan catatan pergi ke pulau itu ramai-ramai patungan sewa kapal.

Sayang, di balik keindahan panorama yang dimiliki, keberadaan pulau senja kini dalam kondisi terancam oleh aktivitas tambang batu yang kini marak di Kecamatan Moramo Utara dan sebagaian kawasan hutan menjadi rusak. Bahkan operasi tambang batu kini sudah mencapai pesisir, sebentar lagi menghancurkan taman batu di pesisir laut moramo utara dan mengancam pesona pulau senja yang indah. “Sayang seribu sayang Tuhan memberi keindahan, manusia yang menghancurkan. kita tak mampu menjaga potensi kita sendiri tentu sangatlah disayangkan. ibarat tuan rumah yang menghancurkan rumahnya sendiri,”kata Dhany, pemerhati lingkungan. SK

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.