AJI Kendari Gelar UKJ

0

Suarakendari.com- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kendari menggelar Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) bagi jurnalis. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Plaza In Kendari, yang akan berlangsung dua hari sejak tanggal 3 sampe 4 Oktober 2015.

Ketua AJI Kendari, Zainal A. Ishaq mengatakan bahwa UKJ yang diselenggarakan selama dua hari tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas yang dimiliki oleh para jurnalis. Tidak hanya itu, UKJ yang diikuti oleh puluhan jurnalis hari itu juga menjadi salah satu amanah dari Dewan Pers yang juga merupakan hasil Kongres dari AJI.

“Manfaatnya tentu akan kembali kepada jurnalis sendiri, semua jurnalis yang sudah mengikuti UKJ tentu akan mendapatkan pengakuan kompeten atau tidak, kedepannya akan diberlakukan juga sebuah aturan apabila nara sumber menolak untuk diwawancarai jika jurnalis yang bersangkutan belum mengikuti UKJ,” jelasnya.

Peserta yang mengikuti UKJ hari itu berasal dari beberapa daerah bukan hanya dari Kota Kendari melainkan ada juga dari Kabupaten Konawe, Kolaka, Bombana dan Kota BauBau. Sementara pengujinya, Suwarjono Ketua AJI Indonesia, Upi Asmaradana Korwil AJI Indonesia Timur, Muh Yusuf AR dari Makassar dan Djufri Rachim yang merupakan penguji dari Kota Kendari.

Dikatakannya pula bahwa uji kompetensi yang dilakukan tersebut merupakan implikasi dari kegiatan peliputan yang dilakukan oleh jurnalis di lapangan.

“Kita tidak mengatakan ujian ini sulit atau mudah, tapi bagi jurnalis yang sudah biasa di lapangan pasti bisa melewati ujian ini,” ujarnya. (LINA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.