Ada Apa, Tiga Kabupaten di Sultra Ini Belum Salurkan Dana Desa

0

Suarakendari.com-Tiga kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra) ternyata belum menyalurkan dana desa. Atas kondisi ini Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Provinsi Sultra menyebutkan daerah yang tidak menyalurkan dana desa terancam tidak mendapatkan bantuan desa tahap berikutnya.

Selama ini dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat sudah disalurkan ke sejumlah provinsi termasuk di sulawesi tenggara. Alokasi dana hampir sekitar 500 miliar rupiah diperuntukkan kepada 1.534 desa yang tersebar di 15 kabupaten.
Laporan data terakhir badan pemberdayaan masyakarat dan pemerintahan desa Provinsi Sulaweis Tenggara menyebutkan masih terdapat 3 kabuapten yang menunda penyaluran dana desanya, masing – masing adalah konawe kepulauan, Muna Barat dan Buton Tengah.

Kepala Bidang Kelembagaan Desa BPMD Sultra, Jaya Bakti menyatakan daerah yang belum melakukan penyaluran dana desa bisa terancam pencairan dana desatahap berikutnya tertunda.

Tiga daerah itu merupakan wilayah pemekaran baru di Sultra dengan jumlah 90 desa di Konawe Kepulauan, 81 desa di Muna barat dan 67 desa di Buton Tengah.

Menurut BPMD, penyerapan anggaran melalui dana bantuan desa menjadi prioritas pemerintah sebagai strategi meredam kelesuan ekonomi. YJ

Leave A Reply

Your email address will not be published.