2014, Tahun Penyelamatan Pengguna Narkoba

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Pengguna narkoba kian hari selalu mengalami peningkatan, bukan penurunan. Padahal, selama ini pihak terkait sudah berupaya untuk terus melakukan upaya-upaya agar pengguna narkoba bisa semakin berkurang.

Kepala BNN Pusat, Anang Iskandar, mengatakan bahwa untuk menurunkan angka pengguna narkoba, maka pada tahun 2014 ini disebut-sebut sebagai tahun penyelamatan bagi pengguna narkoba.

“Mari kita sosialisasikan tahun ini sebagai tahun penyelamatan bagi pengguna narkoba dengan kebijakan pengguna sebaiknya direhabilitasi bukan dipenjarakan, karena pengguna narkoba merupakan korban dan ia sedang sakit sehingga memerlukan perawatan agar segera sembuh,” kata Anang saat berkunjung di Kota Kendari, Sultra, Selasa (6/5/2014).

Ia tidak bermaksud untuk membela para pengguna narkoba, namun ia juga tetap akan memberikan efek jera bagi pengguna yang juga merangkap sebagai pengedar, sehingga perlu dipisahkan antara pengguna murni dan pengguna yang merangkap pengedar.

“Kalau ia sebagai pengguna tapi menjual juga, maka akan dikenakan hukuman sesuai dengan ketentuan pasal yang ada tapi kalau pengguna murni mari sama-sama kita bantu agar bisa sembuh dari penyakitnya,” tegasnya.

Salah satu langkah kongkrit yang bisa dilakukan pemerintah setempat yakni dengan menyediakan tempat rehabilitasi bagi para pengguna narkoba. Pasalnya, untuk Sultra pengguna narkoba saat ini mencapai angka 21.568 yang terus mengalami peningkatan.

Gubernur Sultra, Nur Alam, menyambut baik apa yang menjadi permintaan tersebut, bahkan ia menginstruksikan kepada kepala Rumah Sakit Bahteramas, untuk segera berkoordinasi dengan Kepala BNN Sultra.

“Kita ini punya rumah sakit yang lahannya cukup luas dan bisa dimanfaatkan untuk gedung rehabilitasi, saya meminta kepada kepala rumah sakit untuk secepatnya berkoordinasi agar kita memiliki gedung rehabilitasi sendiri,” tukasnya. (LINA)

One thought on “2014, Tahun Penyelamatan Pengguna Narkoba”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.