Connect with us

Wartawan Photo Reuters Jadi Pemateri Pelatihan Fotografi Jurnalistik AJI Kendari

Metro

Wartawan Photo Reuters Jadi Pemateri Pelatihan Fotografi Jurnalistik AJI Kendari

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Kegiatan pelatihan photografi yang diselenggarakan organisasi wartawan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Kendari menghadirkan pemateri dari wartawan photo Media internasional terkemuka Reuters,  Yusuf Ahmad.

Pelatihan yang berlangsung di aula Bank Indonesia diikuti sekitar 20 an orang wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik di Kendari.

Materi yang diberikan terkait dengan foto essay dan foto jurnalistik. Foto bagi Yusuf Ahmad adalah yang memiliki nilai jurnalistik, mau itu tentang kemanusiaan, lingkungan hingga ekonomi.

Dalam pelatihan itu, pria asal Makassar itu mengurai unsur-unsur dalam foto feature meliputi, frame/membingkai, simbol (adat/etnik), momen, unsur waktu.

Bagi Yusuf, fotografer yang baik adalah mereka yang selalu menyajikan dengan berbeda. Berbeda secara teknis (konsep), berbeda posisi, berbeda momen. Mata foto; prepare, mencari data browsing, memelihara sumber informasi, melihat apa yang bisa difoto.

“Ada idiom dalam dunia fotografi bahwa, jika foto anda kurang bagus berarti anda kurang dekat dengan obyek anda,”ujar Yusuf.

Apa yang membuat foto itu memilki daya tarik? Jawabannya, foto mengandung unsur; Unik, langka, memiliki tingkat kesulitan.

Selain unsur teknis, yang perlu juga diperhatikan seorang fotografer adalah terkait isyu, kalender kegiatan, juga pentingnya menjaga kesehatan dan keselamatan diri dalam bekerja.

Lebih jauh Yusuf menekankan, ada etika dalam fotografi, diantaranya soal sadisme yang tidak boleh diumbar, itu dapat diganti dengan cara pengambilan foto yang lebih manusiawi, misal tentang pembantaian manusia yang penggambaran. Hak cipta, pornografi dimana ada batasan yang harus dilakukan.

Dan terpenting bagi seorang juru foto media tidak melakukan kegiatan memanipulasi atau menghilangkan elemen dalam foto dengan menggunakan teknologi komputer.

“Jangan pernah membuang elemen dari gambar atau foto jurnalistik yang Anda ambil. Jangan pernah memanipulasi hasil foto atau gambar yang anda ambil, karena anda meniadakan yang sudah ada,”kata Yusuf Ahmad.YOS

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top