Connect with us

Warga Pulau Sagori Kesulitan Air Bersih

Uncategorized

Warga Pulau Sagori Kesulitan Air Bersih

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM- Warga Pulau Sagori Kecamatan Kabaena Barat Kabupaten Bombana kesulitan mendapat sarana air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Sejak Bombana mekar dari otoritas Kabupaten Buton Desember 2003 lalu, warga mayoritas nelayan ini  tidak pernah disentuh penyediaan sarana air bersih oleh Pemkab Bombana.

Keberadaannya warga dan pulau kecil itu,  cuma dipajang untuk potensi wisata. Sementara kebutuhan  air bagi masyarakat yang tinggal di pulau sekitar 8 Mil dari Pulau Kabaena ini belum dipenuhi.

Kepada wartawan, Kepala kampung Pulau Sagori La Riyfu mengatakan demi kebutuhan air, warga terpaksa menerobos lautan menuju daratan di Kelurahan Sikeli dan Baliara.

“Terpaksa kami gunakan perahu yang kami punya. Kalau tidak seperti itu, kami mau minum apa, kecuali  meminum air laut yang rasanya sangat asin itu,” imbuhnya.

Air yang diambil dari daratan kabaena itu, lanjut La Riyfu, biasanya di tampung di dua buah drum masing masing berukuran 1200 liter. Aktivitas itu, selalu dilakukan warga pulau sagori setiap hari atau ditiap minggunya.

“Dengan air di drum itulah warga kami gunakan untuk memasak atau keperluan hidup kesehariannya,” kata La Riyfu

Dirinya berharap, pemerintah Kabupaten Bombana  memikirkan penderitaan warga pulau sagori yang sekian lama kesulitan mendapat air bersih. “Kami itu sangat berharap, agar kedepan pemerintah bisa membantu penderitaan masyarakat utamanya air bersih,” harapnya. (DAR)

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top