Warga Minta Pedagang Gunakan Nurani

Tahun Baru Harga Sembako Mengalami Kenaikan

SUARAKENDARI.COM-Awal tahun 2016 dibuka dengan kenaikan harga sejumlah bahan pokok (sembako) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Hal ini terpantau di sejumlah pasar tradisonal seperti pasar Mandonga dan Pasar Baruga.

Harga seperti telur misalnya, mengalami kenaikan signifikan, dari harga Rp 42 ribu per rak naik menjadi Rp 53 ribu. “Kenaikan harga telur ini berlaaku menjelang tahun baru,”kata Rina,pedagang telur di pasar Mandonga.

Selain telur, beras, minyak, gula dan sayur-sayuran juga mengalami kenaikan. Untuk beras jenis kepala untuk per sepuluh kilo kini berkisar 140 ribu rupiah.

Kondisi ini dikeluhkan para ibu rumah tangga. “Saya juga heran kena harga selalu saja terus mengalami kenaikan, bayangkan sayur per ikat sudah mencapai 5000 rupiah,”ujar Risna, ibu rumah tangga di Kelurahan Kemaraya.

Ia mengaku, saat ini belanja dengan uang Rp 100 ribu untuk sekali belanja terasa sangat sedikit, karena hanya bisa mendapatkan beberapa bahan pokok saja. “Untuk belanja kebutuhan dapur, uang seratus ribu tidak ada apa-apanya,hanya bisa dapat berapa potong ikan dan sayur saja,”kata Risna.

Ia berharap agar pemerintah dapat mengatasi kenaikan harga dan berharap agar pedagang sedikit menahan diri untuk tidak seenaknya menaikkan harga seenaknya. “Para pedangang saat menjual pakai dong hati nurani, jangan asal naikkan harga seenaknya, ingat masyarakat kecil sudah sangat susah saat ini,”tohok Risna. SK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *