Connect with us

Warga Minta Oknum Panwas Pemeras Caleg Dicopot

Uncategorized

Warga Minta Oknum Panwas Pemeras Caleg Dicopot

 

RAHA, SUARA KENDARI.COM-Netralitas  Panitia Pengawas  Pemilu (Panwaslu) Muna mengawal jalannya pelaksanaan pemilu, mulai diragukan oleh berbagai pihak pasca beredarnya vidio salah satu oknum Panwas Muna bernama Rahmat Asbat, Rahmat Sabat diduga melakukan pemerasan terhadap caleg DPRD Provinsi Sultra daril Gerindra.

Puluhan orang yang mengatasnamakan solidaritas masyarakat Muna menggelar aksi di kantor Panwas Muna.

Mereka menuntut agar Koordinator Divisi penanganan pelanggaran Panwas Muna itu dicopot.

“Ulah oknum panwas Muna yang diduga meminta uang terhadap caleg, mencoreng integritas kerja penyelenggara pemilu,”kata Nawir, Koordinator aksi. Dampak dari dugaan pemerasan tersebut, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap panwas atau penyelenggara pemilu berkurang. “Bagaimana mau mengawal pemilu, menciptakan pemilu yang bersih dan jujur. Bila panwasnya mudah disuap,”teriaknya.

Demi menjaga integritas dan netralitas pemilu,  Nawir mendesak agar oknum anggota panwas tersebut diganti.

Sementara itu, Ir L Lumban Gaol, Ketua Panwaslu  Muna, dihadapan pendemo mengatakan, proses dugaan suap yang diterima oleh salah satu anggota panwas Muna sudah ditangani oleh Bawaslu.  Bawaslu sementara melakukan pendalaman. Ia meminta agar masyarakat memberikan kepercayaan kepada Bawaslu, untuk menyelesaikan masalah tersebut. Praduga tak bersalah tetap dijunjung, karena kasus ini masih dalam proses pembuktian.

“Pekan lalu, anggota Bawaslu sudah turun melakukan klarifikasi terhadap yang bersangkutan. Harapan kita masalah ini cepat selesai, bila terbukti segera diambil tindakan yang sesuai aturan. Bila tidak terbukti, agar kami bisa melanjutkan pekerjaan kembali,”katanya.

Terkait usulan pemberhentian, kata dia, itu merupakan kewenangan DKPP. “Kita tidak punya kewenangan untuk memberhentikan anggota, semua ada di DKPP,”ujarnya. Ia juga meminta agar masyarakat mengontrol kerja panwas, agar panwas makin lebih baik dalam mengawal pelaksanaan pemilu. (TRI )

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top