Warga Binaan Lapas Intens Gelar Tadarus Alquran

SUARAKENDARI.COM, Memasuki Bulan Suci Ramadhan yang merupakan bulan penuh ampunan dan penuh berkah, tentu saja umat Islam berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala di bulan yang penuh berkah ini. Begitu pula yang dilakukan oleh warga binaan Lapas Kelas II A Kendari.

Di bulan yang penuh berkah ini, warga binaan lapas lebih intens melakukan tadarus Al-qur’an, baik itu dilakukan secara bersama-sama di masjid lapas, maupun dalam ruangan masing-masing.

Selain itu, Lapas Kelas II A Kendari juga memiliki program Pesantren Khusus yang diselenggarakan meskipun bukan bulan suci ramadgan. Dimana pesantren khusus ini bekerja sama dengan Pesantren Sohibul Qur’an.

Musakka (53), salah seorang warga binaan lapas, mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan tadarusan yang dilakukan selama bulan ramadhan ini memberikan dampak yang sangat positif.

“Kami senang kalau ada kegiatan tadarus seperti ini karena kalau kami sudah keluar dari tahanan bisa memberikan pemahaman yang baru juga untuk anak kami,” katanya, Kamis (25/06/2015).

Selain rajin membaca Al-qur’an, warga binaan juga diberikan siraman rohani berupa ceramah.

Subriadi, yang merupakan ustad yang memberikan pencerahan kepada warga binaan mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan gemar membaca Al-qur’an, maka sebagian besar warga binaan memiliki pemahaman agama yang lebih bagus.

“Kalau saya lihat mereka (binaan lapas) senang dengan adanya kegiatan seperti ini, dimana pemahaman agama yang mungkin mereka tidak dapatkan diluar sana, bisa mereka dapatkan disini, saya lihat selama ramadhan, jumlah yang mengikuti kegiatan tadarus semakin banyak,” katanya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II A Kendari, Muchlies Adjie, mengatakan bahwa kegiatan tadarusan dan pesantren khusus memang sengaja dilakukan agar warga binaan lapas tidak ketinggalan pemahaman tentang agama. (LINA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *