Connect with us

Warga Bahas Bersama Perdes Wisata Namu

Daerah

Warga Bahas Bersama Perdes Wisata Namu

Warga Bahas Bersama Perdes Wisata Namu

Suarakendari.com-Peraturan desa terkait pariwisata desa mulai digodok bersama seluruh elemen masyarakat di Desa Namu. Dengan melibatkan perwakilan seluruh unsur, dari pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda hingga kelompok perempuan ikut serta membahas draft peraturan desa.

“Sebenarnya, regulasi tentang desa wisata ini sudah digaungkan sejak pariwisata Namu mulai diperkenalkan luas ke publik, tepatnya Otober 2016 silam, namun rancangannya baru mulai digodok sejak bulan Januari 2017 lalu dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat di Desa Namu. Mudah-mudahan dalam bulan Maret sudah dapat disepakati bersama seluruh masyarakat,”kata Yuddin, Kepala Desa Namu.

Poin-poin draft perdes seluruhnya dibahas bersama warga masyarakat yang difasilitasi oleh kelompok Ruruhi Project, komunitas sosial peduli pariwisata. Draf perdes sendiri berisi tentang tata kelola potensi dan sumber daya desa di bidang pariwisata demi meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dan desa serta dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat.

Seperti diketahui, pembangunan desa wisata mempunyai manfaat yang sangat luas baik di bidang ekonomi, sosial, budaya, lingkungan dan lain-lain. Secara ekonomi, pembangunan desa wisata mampu meningkatkan perekonomian nasional, regional, dan masyarakat lokal, di bidang sosial mampu membuka lapangan kerja dan lapangan berusaha bagi masyarakat di desa.

Selain itu di bidang pendidikan, keberadaan desa wisata mampu memperluas wawasan dan cara berfikir orang-orang desa, mendidik cara hidup bersih dan sehat serta meningkatkan ilmu dan teknologi bidang kepariwisataan. Dalam kehidupan sosial budaya, pembangunan desa wisata dapat menggali dan mengembangkan kesenian serta kebudayaan asli daerah yang hampir punah untuk dilestarikan kembali.

Pembangunan desa wisata juga merupakan bentuk kesadaran industri yang berorientasi lingkungan karena dianggap mampu menggugah kesadaran masyarakat akan arti pentingnya memelihara dan melestarikan lingkungan bagi kehidupan manusia kini dan di masa datang.

Potensi wisata yang luar biasa yang dimiliki desa Namu seharusnya bisa menjadi andalan untuk mengangkat taraf hidup masyarakat. Desa wisata Namu  memiliki kekhasan atau penonjolan karakteristik alam maupun sosio kultural dan aspek lainnya. Potensi ini  bisa diangkat menjadi komoditas dan dipoles dengan manajemen strategi yang tepat untuk menjadi desa wisata.SK

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daerah

To Top