Wapres RI Serahkan Adipura Kencana 2015 Pada Walikota Kendari

SUARAKENDARI.COM- Walikota Kendari DR Ir H Asrun M.Eng menerima piala Adipura Kencana yang diserahkan langsung Wakil Presiden Yusuf Kalla pada malam Anugerah Lingkungan Proper dan Adipura 2015 di Hotel Bidakara Jakarta, Senin(23/11/2015).
Penghargaan Adipura Kencana yang ke dua kali ini tak lepas dari upaya pemerintah kota Kendari mengelola Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) Puwatu dan memanfaatkan gas metan dari sampah tersebut untuk warga yang tinggal di Kampung Mandiri Energi.
Dalam sambutannya, Wakil Presiden Muh. Yusuf Kalla mengatakan, piala Adipura yang menjadi simbol kebersihan bukan hanya kewajiban pemerintah kota, namun juga masyarakat secara umum.
“Dibeberapa daerah saya sudah sarankan pemda membuat perda agar masyarakat bertanggung jawab terhadap selokan didepan rumahnya, kalau tidak didenda, tahun depan ini harus diperhatikan karena tanggung jawab kebersihan bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi juga masyarakat” ujar wapres.

Walikota mengaku, penghargaan Energi Prabawa dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun ini juga cukup berpengaruh terhadap pencapaian adipura tahun 2015. “Kami sempat khawatir kendari tidak bisa memepertahankan prestasi sebelumnya, apalagi penilaian tahun ini beberapa kali tertunda. Namun setelah melalui beberapa tahapan, penilaian dan persentase dihadapan dewan adipura dan ahli persampahan dan mendapat hasilnya akhirnya kami lega” ujar Asrun di Jakarta Senin (23/11/2015).

Selain kota Kendari yang mendapat piala Adipura Kencana kategori Kota sedang,Kota Bau-bau dan kabupaten Kolaka juga memperoleh piala Adipura bersama 63 kota lainnya di indonesia, sedangkan kabupaten Konawe tahun 2015 ini hanya mengantongi sertifikat Adipura bersama 69 kota di Indonesia.
Kegiatan yang berlangsung Senin malam ini juga dihadiri sejumlah pejabat kota Kendari, diantaranya Kepala Badan Lingkungan Hidup, Kepala Badan Pengelola Keuangan (BPKAD), Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD Kendari, dan sejumlah kabag(ALIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *