Connect with us

Walikota Bongkar Kebobrokan PDAM

Metro

Walikota Bongkar Kebobrokan PDAM

KENDARI, SUARAKENDARI.COM,Hasil audit yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan Pembanguan (BPKP) atas permintaan walikota kendari terhadap PDAM menunjukkan buruknya pengelolaan di perusahaan itu.

Walikota Kendari Asrun mengakui pengelolaan keuangan di tubuh PDAM Tirta Anoa Bobrok.Ia mencontohkan pembayaran rekening air pelanggan yang langsung digunakan tanpa proses pencatatan.

“BPKP mengatakan PDAM ini bukan perusahaan, sama dengan pedagang kaki lima, ada uang yang diambil dari loket langsung, itu tidak boleh, ada mekanisme. Uang disetor dulu baru digunakan”ketus Walikota

Selain itu dalam pencatatan terdapat sejumlah uang, namun setelah dicek di kas tenyata hanya terdapat sebuah kuitansi tanpa ada uang.

Untuk perbaikan ini, walikota, mengaku, akan mendampingi dengan menempatkan pegawai dari inspektorat dan Badan pengelola keuangan dan asset daerah (BPKAD) agar semua pencatatan dan pengelolaan anggaran bisa diperbaiki.

meminimalisir terjadinya kecurangan pengelolaan keuangan Walikota meminta pembayaran rekening dilakukan secara elektronik atau online.

“Saya instruksikan supaya pembayaran air ini jangan lagi melalui loket dalam bentuk cash, tapi kita buat saja bentuk online, sekarang pake sms sudah bisa bayar, masyarakat sudah bisa bayar pake SMS banking,”tambahnya.

Walikota mengakui perbaikan ini cukup berat, namun harus dilakukan untuk menciptakan PDAM yang sehat.

Walikota berharap dengan perbaikan infrastruktur, menejemen dan pengelolaan keuangan, 2 tahun kedepan PDAM sudah sehat dan bisa melayani pelanggannya dengan baik dan akhirnya bisa memberikan sumbangan PAD untuk pembangunan Kota Kendari. (ALIN)

More in Metro

To Top